Disuruh Jadi Pengusaha, Malah Memilih Atlet Biliar

0
143
ANDRI berlatih biliar di Tanjunguban, baru-baru ini. f-istimewa

TANJUNGUBAN – Andri (17) lolos ke Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) untuk mengikuti Sea Games 2019 Filipina, bukan merupakan hal yang mudah. Pelajar asal Bintan ini punya sekelumit (sedikit) cerita yang cukup unik, dalam meniti karir sebagai atlet biliar.

Dibesarkan di lingkungan keluarga keturunan tionghoa, Andri sehari-harinya ditanamkan untuk berjiwa bisnis. Sejak usia 9 tahun, Andri sudah kerap ikut bermain di kedai kopi, tempat usaha bisnis ayahnya. Tempat usaha ini memiliki sarana olahraga biliar. Andri mulai tertarik bermain biliar, saat melihat orang lain bermain biliar. Perlahan demi perlahan, Andri yang meminjam peralatan ayahnya, mulai memainkan stik di meja biliar.

Tidak hanya sampai di situ, Andri yang mulai hobi biliar terus berlatih setiap hari di saat waktu senggangnya. Bahkan saat dibangku kelas 6 SD, ia sudah turun berlaga di beberapa kompetisi biliar di Bintan dan Kepri. Meski belum meraih juara, saat itu ia tidak menyerah untuk meningkatkan kemampuan.

Saat duduk di bangku SMP, Andri terus semangat berlatih. Perlahan demi perlahan ia mulai berani mengikuti kompetisi hingga luar Kepri. Beberapa turnamen pun mulai dijuarainya.

Duduk dibangku SMA dan sudah beberapa kali menjuarai kompetisi biliar, Andri semakin semangat. Bahkan setiap hari, ia menyisihkan waktu selama 5 jam untuk berlatih.

Alhasil beberapa kompetisi baik di dalam maupun luar negeri mulai diikutinya. Hal ini tentu lah terbalik arah dengan keinginan orangtuanya. Karena, Harmanto (39) sang ayah menginginkan anaknya memiliki jiwa bisnis.

”Ya saat SMA ia mulai disiplin sekali. Sehari 5 jam ia habiskan berlatih, dan keluarga sangat mendukung,” sebutnya.

Sebagai pelaku usaha, lanjutnya, Harmanto juga pernah meminta agar anak kedua dari 4 bersaudara ini untuk melanjutkan usahanya. Karena pastinya saat tua nanti anak-anaknya lah yang melanjutkannya.

”Saya pernah bertanya kepada anak saya ini, kamu mau lanjutkan usaha bapak atau mau terjun ke biliar? Ia menjawab, milih atlet biliar. Padahal, kita suruh dia jadi pengusaha,” kenang Harmanto.

”Namun saya meminta, kalau pilih itu (biliar) harus dijalani dengan semangat dan menjadi yang terbaik. Syukur saat ini prestasinya mulai terwujud. Kini, Andri sudah masuk Pelatnas POBSI untuk mengikuti Sea Games 2019,” sambungnya.

Harmanto mengungkapkan, anaknya tersebut memang memiliki kecintaan yang kuat terhadap olahraga biliar. Harmanto pelaku usaha penyewaan permainan biliar di Tanjunguban ini menyebutkan, perlu kerja keras dan keringat serta materi untuk meraih prestasi itu. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here