Ditabrak Tugboat, Tiga Nelayan Luka-luka

0
497
DIEVAKUASI: Anggota Pos TNI AL Takong Hiu Karimun mengevakuasi tiga nelayan yang kapalnya tabrak kapal Tugboat pada, Selasa (11/7). F-ISTIMEWA

KARIMUN – Tiga orang nelayan Karimun luka-luka akibat ditabrak kapal tunda (Tugboat) di dekat perairan Pulau Takong Hiu, Senin (10/7). Ketiga nelayan itu, Ifin (40) nakhoda kapal, Azmain (37) dan Irfan (16) dan saat ini sedang menjalani perawatan di Balai Pengobatan, Makolanal Tanjungbalai Karimun. Ketiganya dievakuasi, dari kapal kargo tujuan Dumai di perairan Takong Hiu, Senin (10/7) malam.

”Nelayan ini kami bawa dari kapal kargo, setelah anggota Pos TNI AL (Posal) di Takong Iyu mendapat laporan ada nelayan mengalami kecelakaan dilaut,” ujar Lettu Laut (P) Himawan, Komandan Pos TNI AL Takong Hiu, kemarin siang. Namun sayangnya, nelayan yang tertabrak kapal Tugboat tersebut tidak mengetahui nama kapalnya. Himawan menjelaskan, berdasarkan keterangan Ifin sekitar pukul 03.15 WIB mereka sedang lego jangkar dan menunggu untuk mengangkat jaring ikan.

”Namun, mereka mengetahui ada satu kapal Tugboat sedang melintas dan arah haluan kapal itu menuju mereka,” ujar Himawan. Ketika itu, Ifin memutuskan tali jangkar karena gerak kapal Tugboat semakin mendekat dan akhirnya melanggar kapal. Akibatnya, kapal mengalami kerusakan parah dan kapal perlahan tenggelam.

”Mereka bertahan selama 7 jam di laut, dan menunggu kapal melintas untuk meminta bantuan,” jelas Himawan. Akhirnya, pada Selasa siang ketiga nelayan ditolong kapal kargo tujuan Dumai sambil menunggu kapal cepat milik TNI AL untuk dievakuasi ke daratan.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here