Ditambah, Penerima di Bintan 42.300 KK

0
166
BUPATI Bintan H Apri Sujadi secara simbolis menyerahkan BLT kepada warga, Senin kemarin.

Apri-Dalmasri Serahkan BLT Covid-19 Tahap Kedua

Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wakil Bupati H Dalmasri Syam kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap kedua, program pemulihan ekonomi dampak Covid-19, Senin (15/6) kemarin. Jumlah penerima BLT pada penyaluran kedua ini ditambah, dari jumlah penerima tahap pertama.

BINTAN – PENYALURAN Bantuan Langsung Tunai pada tahap pertama (Mei 2020) di Kabupaten Bintan sebanyak 35.970 Kepala Keluarga (KK). Dari jumlah ini, sebanyak 26.817 KK mendapat BLT, dari sumber keuangan APBD Kabupaten Bintan dan APBDes. Sebanyak 4.625 KK merupakan keluarga penerima PKH sebesar Rp200 ribu per bulan. Sehingga, disubsidi dari APBD Bintan sebesar Rp400 ribu per bulan, selama 3 bulan. Kemudian, sebanyak 4.528 KK mendapat BLT dari dana pusat (APBN).

Penyaluran BLT tahap kedua dilakukan Pemkab Bintan, Senin kemarin. Pada saat penyaluran BLT ini, Bupati Bintan Apri Sujadi turun ke rumah warga di Desa Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan. Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam di Desa Ekang Anculai.

Baca Juga :  Bacalon Bupati Yudi dan Warga Gelar Doa Bersama

Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono turut menyerahkan BLT di Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan. Kajari Bintan di Desa Toapaya, Sekda Bintan Adi Prihantara di Desa Gunung Kijang, dan Dandim 0315 bersama Danlanud menyerahkan di Kecamatan Bintan Timur. Penyerahan BLT didampingi pimpinan dan anggota DPRD Bintan. Penyerahan dilakukan secara serentak dan langsung diserahkan kepada warga, secara door to door.

”Pada penyaluran tahap kedua ini, ada tambahan penerima sebanyak 6.330 KK. Kategori ini, merupakan warga yang tidak terverifikasi pada penerima tahap pertama lalu. Tapi, sudah kita verifikasi, dan mereka layak menerimanya. Bantuan untuk 6.330 KK ini, sama jumlahnya dengan penerima tahap pertama lalu. Totalnya, sama-sama Rp1,8 juta,” jelas Apri Sujadi.

Baca Juga :  Tablig Akbar, Pemkab Hadirkan Gus Sholah

BLT yang dikucurkan pada tahap kedua dibagi atas beberapa kategori. Untuk 26.817 KK sebagai penerima BLT dari dana APBD Bintan tahap pertama, pada tahap kedua diberikan Rp600 ribu. Sisanya 4.625 KK kategori PKH dan 4.528 KK dari penerima BLT pusat, juga menerima bantuan masingmasing senilai Rp600 ribu. Karena pada tahap pertama sudah menerima Rp1,2 juta.

Sedangkan 6.330 KK data tambahan setelah dilakukan verifikasi, pada penyaluran tahap kedua ini, akan menerima bantuan tunai senilai Rp1,8 juta, akumulasi 3 bulan sekaligus.

”Nah, setelah ditambah 6.330 KK ini, jadi total warga Bintan penerima BLT dari dampak Covid-19 ini sebanyak 42.300 KK. Semoga bantuan yang diberikan ini bermanfaat bagi masyarakat Bintan,” ujar Apri Sujadi di sela penyerahan BLT di Teluk Bintan.

Baca Juga :  Treasure Bay Tanam 23 Ribu Mangrove

Untuk Penyaluran tahap kedua, Pemkab Bintan mengucurkan dana sekitar Rp32,15 miliar. Terdiri atas Rp11,4 miliar kepada 19.149 warga tahap pertama penerima bantuan berasal dari dana APBD Bintan. Ditambah Rp4,6 miliar bagi 7.668 warga penerima bantuan berasal dari APBDes (desa). Sedangkan untuk Rp1,85 miliar dari APBD yang digunakan untuk mensubsidi PKH, dan Rp11,3 miliar dana APBD Bintan untuk 6.330 KK penerima tambahan. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here