Ditemukan 54 Pemilih Ganda

0
70
Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zaini, saat rapat bersama KPU di Kantor KPU Tanjungpinang. F-abas/tanjungpinang pos

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang, masih menemukan 54 data pemilih ganda dalam di Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah ditetapkan KPU Tanjungpinang pada tanggal 20 Agustus 2018 lalu. DPT ini untuk pemilihan pemilu legislatif dan pemilu presiden pada 17 April mendatang.

TANJUNGPINANG – Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, M Zaini mengatakan, temuan pemilih ganda tersebut, kemudian dilaporkan ke KPU agar penyempurnaan DPT pemilu 2019 supaya data pemilih valid dan bersih, sesuai arahan dari Surat Bawaslu RI No: SS-1399/K.Bawaslu/PM.00.00/IX/2018 tanggal 6 September 2018 Perihal Pengawasan Pencermatan DPT Pemilu 2019.

”Hasil pencermatan tersebut sudah kami koordinasikan dan diserahkan kepada KPU Tanjungpinang, untuk dilakukan perbaikan penyempurnaan,” kata M Zaini, kemairn.

Menurutnya, awalnya hari Jumat 6 September ia menyerahkan 26 data ganda, dan Senin 10 September diserahkan lagi 28 data baru pada saat rapat koordinasi Bawaslu, KPU dan partai politik di Kantor KPU.

Jadi, sambung dia, jumlah 54 itu tersebar di sejumlah kelurahan dan kecamatan se-Kota Tanjungpinang. Terkait hal tersebut Bawaslu Kota Tanjungpinang juga mengimbau agar KPU dan partai politik untuk melakukan kembali pencermatan terhadap DPT bisa jadi terdapat lebih banyak dari 54 data ganda atau data terdapat yang TMS.

Kata Zaini, sesuai arahan Bawaslu RI, masih ada kesempatan tambahan pemilih baru yang telah memenuhi syarat tapi belum masuk ke dalam DPT untuk dimasukkan ke dalam DPT 2019. ”Upaya yang dilakukan Bawaslu dalam rangka untuk menjaga hak pilih warga. Sehingga harapan kita pemilu 2019 yang semakin berkualitas dan demokratis bisa terwujud mulai dari DPT,” katanya.

Karena DPT merupakan data penting dalam penyelenggaran pemilu yang sangat berdampak terhadap semua tahapan, seperti logistik dan surat suara.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here