Djuwita Raih Nilai UN Tertinggi

0
2746
FOTO BERSAMA: Siswa dan Guru SD dan SMP Djuwita Tanjungpinang foto bersama di sekolah. f-ISTIMEWA

Kreativitas Guru Terus Dikembangkan

TANJUNGPINANG – SEKOLAH Djuwita Tanjungpinang tingkat SD dan SMP patut berbangga, sebab meraih peringkat pertama untuk nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) se-Kota Tanjungpinang. Untuk diketahui, tahun 2017 ini, siswa-siswi kelas IX SMP Djuwita melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sedangkan, untuk SD yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis manual atau kertas.

Kepala SMP Djuwita, Drs Wahyu Jatniko menuturkan, nilai rata-rata UNBK yang diraih siswa yaitu 318,38 dengan empat mata pelajaran. Yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu pengetahuan Alam (IPA). Prestasi ini bukan kali pertama, melainkan sudah sejak angkatan pertama tahun ajaran 2011/2012 lalu hingga kini.

”Alhamdulillah nilai rata-rata atau total yang diraih siswa mencapai 318,38,” kata Wahyu Jatniko kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (13/6). Tak hanya peringkat pertama se-Kota Tanjungpinang, namun untuk tingkat provinsi masuk 10 besar dan berada di urutan ke empat.

Baca Juga :  UNBK, PLN Sediakan Genset di SMKN 1

”Kita satu-satunya sekolah di Tanjungpinang masuk 10 besar se-Kepri. Lainnya banyak sekolah berasal dari Batam,” ucap dia. Bahkan, SMP Djuwita yang terletak di Komplek Bintancenter, BT 9, Tanjungpinang tersebut pernah meraih peringkat pertama se-Provinsi Kepri di tahun ajaran 2011/2012 dan 2012/2013. Sedangkan, di tahun ajaran 2013/2014 peringkat ke tiga.

”Tahun ajaran 2014/2015, SMP Djuwita tidak dapat peringkat. Alhamdulillah, kita kembali dapat peringkat ke tiga di tahun 2015/2016. Tahun ajaran 2016/2017 ini, kita dapat peringkat ke 4,” terangnya. Selain itu, ada dua siswa tingkat SMP peserta UNBK meraih nilai 100 atau sempurna untuk Mata pelajaran (Mapel) matematika yaitu Selina dan Ryan Martin.

Padahal, biasanya Mapel Matematika cukup sulit dan menjadi momok, namun ada siswa Djuwita yang berhasil menyelesaikan dengan benar seluruh soal.

Baca Juga :  Alamak, Gaji Guru Cuma Rp400 Ribu

Ia mengaku sangat bangga dan senang, sebab sekolah yang dipimpinnya meraih prestasi. Mulai dari tingkat Kota Tanjungpinang hingga tingkat Provinsi Kepri. Melalui berbagai prestasi yang diterima, ia berharap ada perhatian atau apresiasi dari Pemko Tanjungpinang kepada tenaga pengajar di Djuwita.

”Tujuannya agar para guru-guru semangat memberikan materi pembelajaran meskipun kami sekolah swasta namun membawa harum nama Kota Tanjungpinang,” paparnya. Ia mengakui, sebelumnya tenaga pengajar di Djuwita pernah menerima penghargaan dari pemerinyah karena prestasi-prestasi.

”Dulu guru kita dapat penghargaan. Sekarang sudah tidak lagi,” terangnya. Dia berharap, peserta didik lebih meningkatkan prestasi dengan rajin belajar. Begitu juga dengan guru untuk meningkatkan kemampuan serta kreatifitas di sekolah. Kebanggan juga dirasakan Kepala SD Djuwita, Meriani Sitanggang Spd sebab meraih nilai rata-rata USBN tertinggi tingkat Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Password Siswa Dititip di Sekolah Asal

Prestasi ini juga bukan yang pertama kali. Terbilang sudah sering, sejak tahun ajaran 2011/2012 hingga sekarang. Kemudian, ada empat peserta didiknya mendapat nilai 100 Mapel Matematika. Yakni Naraya Kevan Reiner, Teddy Wijayanto, Pascal Lerian Saputra dan Wirudho Sukhmo Khanigoro.

Ada juga siswa meraih nilai sempurna untuk Mapel IPA, yaitu Athaya Nasywa Firdaus dan Naraya Kevan Reiner. Serta ada dua peserta didik lagi yang masuk peringkat 10 besar tingkat Kota Tanjungpinang. Yaitu Naraya Kevan Reiner dan Teddy Wijayanto. ”Mudahan siswa kita bisa melanjutkan sekolah yang lebih tinggi lagi dam tetap meraih prestasi,” sebut dia.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here