DK Bakal Urus KEK

0
613

Gubernur Cari Profesional Tangani Galang Batang

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan, Provinsi Kepri dijadwalkan bakal diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Desember mendatang.

BINTAN – Sebelum diresmikan Presiden RI, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun akan menyiapkan komposisi Dewan Kawasan (DK) KEK Galang Batang. ”Pembina Dewan Kawasan KEK Galang Batang nanti, itu dari Denas KEK pusat langsung. Nah, kita di daerah akan segera siapkan DK KEK ini. Ya, sebelum diresmikan Pak Presiden, DK KEK sudah siap,” kata Nurdin Basirun usai berkunjung dan menghadiri puncak HUT ke-8 Tanjungpinang Pos, Sabtu (28/10) lalu.

Dari PP 42/2017 tentang penetapan Galang Batang sebagai KEK, Dewan Kawasan KEK itu diketuai oleh Gubernur Kepri, Bupati Bintan sebagai Wakil DK KEK dan ditambah tujuh orang dari Pemprov, Pemkab Bintan dan tiga instansi vertikal.

Baca Juga :  Babinsa Serentak Menggelar Kegiatan di Tujuh Desa

”Untuk mengisi kelembagaan DK KEK ini, kita akan koordinasi dengan pihak terkait. Kemudian, untuk perusahaan, semoga cepat disiapkan perkantoran dan infrastruktur lainnya. Sebelum diresmikan, semua itu sudah siap,” jelasnya.

Menurut Nurdin Basirun, penetapan KEK Galang Batang ini merupakan kerja sama semua pihak, termasuk dukungan masyarakat. Justru itu, KEK industri Galang Batang ini diharapkan bisa menjadi pusat ekonomi ke depan.

Semakin cepat penyelesaian infrastruktur di Galang Batang, semakin cepat pula memberikan manfaat bagi masyarakat. ”Kalau sudah ada kantor DK di Galang Batang, ya OPD kita akan berkantor di sana. Mengenai gaji atau insentif, itu akan diatur melalui anggaran pusat. Sama lah dengan FTZ di Karimun dan Bintan,” jelasnya.

Baca Juga :  Belanja Bintan Menjadi Rp1,445 Triliun

”Yang penting kita siapkan dulu DK KEK ini dalam waktu dekat, sambil penyiapan infrastruktur di dalam kawasan,” sambungnya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi kembali menyinggung tentang KEK Galang Batang, saat mengadakan dialog kebangsaan, bersama pemuda Bintan di Gedung LAM Bintan, Sabtu (28/10) lalu. Menurutnya, hadirnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang menjadi tantang besar bagi Pemkab Bintan. Terutama sebagai fasilitator untuk menyalurkan tenaga kerja ke PT BAI sebagai pengelola KEK Galang Batang. Dalam peran ini, Pemkab Bintan tentunya melibatkan peran pemuda Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Korem 033/WP Juara Lomba Binter TNI AD

”Dengan hadirnya KEK Galang Batang, Bintan tentunya harus siap menyalurkan 10.000 tenaga kerja yang diperlukan perusahaan. Ini tugas Pemkab Bintan, agar pemuda Bintan terlibat dalam bekerja di KEK Galang Batang ini,” sebut H Apri Sujadi.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here