DK KEK Harus Cepat Dibentuk

0
605
TINJAU PT BAI: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun bersama tim KEK pusat, Kepala DPMPTSP dan Naker Bintan serta pimpinan PT BAI meninjau pelabuhan KEK smelter Galang Batang, belum lama ini.f-yusfreyendi/tanjungpinang pos

Sebelum Diresmikan Presiden Jokowi

DOMPAK – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyampaikan dirinya sudah mengirim tim percepatan pendirian pengurus Dewan Kawasan (DK) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan.

DK KEK ini sudah harus terbentuk sebelum diresmikan Presiden. ”Kita disuruh cepat untuk membentuk struktur organisasi dewan kawasan. Nanti baru berlanjut dibentuklah BP Kawasan,” tegas Nurdin kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (2/11) kemarin.

Ia menyampaikan, saat ini perusahaan yang diminta untuk membenahi KEK ini setiap hari, setiap waktu terus berbenah membangun infrastrukturnya. Laporan terakhir yang diterimanya, sudah lebih kurang Rp 500 miliar digunakan untuk proses pembangunan, termasuk sarana jalan dan jembatan dan pelabuhan bongkar muat yang berstandar internasional.

Baca Juga :  Laut Kepri Mulai Sumbang PAD

”Kalau pelabuhannya sudah bagus sekali, alhamdulillah, Pulau Bintan, Tanjungpinang Provinsi ke depan insyallah hebat dan terus berkembang,” tegasnya.

Ia juga mengajak semua pihak mulai tahun ini pelan-pelan berbenah segala sarana fasilitas pembangunan di Ibukota Kepri. Kalau bisa dari segala sisi sektor mulai dari transportasi udara, laut dan darat tambah rute. ”Kita ramaikan terus ibu kota ini,” ujar Nurdin.

Jangan lagi ke depan, pertumbuhan ekonomi Kepri terus bertumpu di Kota Batam. Padahal kabupaten/kota lainnya di Kepri ini, sama-sama punya potensi yang sangat bagus dan mampu menopang pertumbuhan ekonomi Kepri dengan cukup baik.

Baca Juga :  Alur Laut Internasional Aman

”Kalau misalkan, Batam bisa menampung manusia dua juta, di sini bisa lebih tiga juta. Kita mendorong potensi-potensi yang ada. Misalnya, pariwisata, industri, jasa, apalagi saya lihat pelabuhan-pelabuhan di Pinang cukup bagus,” terang Nurdin.

Pontensi yang dimiliki Kepri saat ini, jarang ditemukan di provinsi lainnya, jadi kalau KEK ini berkembang dan tumbuh cukup bagus ke depan, ia memastikan perputaran ekonomi Kepri akan lebih bagus ke depan. Terutama masalah harga barang yang saat ini, tinggi bisa turun.

Baca Juga :  Cabut Perda Penghambat Perizinan

”Kita kerja sama semuanya, Pelindo, BP Batam, dan semuanya. Kita jangan dulu berpikir tentang profit oriented. Yang paling penting adalah rangkaian-rangkaian lainnya, misalkan barang murah investasi jalan, lapangan kerja jalan, walaupun Pelindo bukan bagian dari kita, tak masalah yang penting sudah saling bersinergi,” terangnya demikian. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here