DKPPKB Gelar Workshop Pengendalian Tuberculosis

0
203
PESERTA saat mengikuti workshop peningkatan kapasitas DDM-TB yang dilakukan DKPPKB Lingga. F-ISTIMEWA

LINGGA – Untuk meningkatkan pengetahuan pengelola program Pengendalian Penyakit Tuberculosis (P2-TB), dan meningkatkan capaian indikator program P2-TB di Kabupaten Lingga, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Lingga melaksanakan Workshop Peningkatan Kapasitas SDM TB.

Acara itu berlangsung di Ruang Pertemuan Hotel Armanda, Dabo Singkep, Senin (26/3).

Kepala Bidang Pengendakian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) DPPKB Lingga, Teddy Andika, mengatakan, melalui workshop ini diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan ke masyarakat terutama kepada penderita TB yang mungkin tidak mau atau malu untuk berobat ke pusat pelayanan kesehatan.

”Melalui kegiatan ini mitra DKPKB, yang menjadi peserta workshop dapat meingkatkan pngetahuan tentang penyakit Tubercolosis (TB). Para peserta yang ikut adalah perwakilan dari Lanal Dabo, Kantor Pelabuhan, Syahbandar, Puskesmas dan unsur organisasi profesi bidang kesehatan,” kata Teddy Andika, di sela-sela kegiatan tersebut.

Dikatakannya, pengendalian TB memerlukan partisipasi semua pihak dan dukungan seluruh lapisan masyarakat terutama bagi petugas medis.

Pencapaian program pengendalian TB Sebagai langkah awal, ada empat strategi yang akan dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini.

Pencapaian itu diantaranya, gerakan temukan TB lakukan pengobatan sampai sembuh dan pengobatan semakin intensif, proaktif  dan massal.

Kedua, penanggulangan TB dengan pendekatan kesehatan keluarga.

Ketiga, mengalokasikan dana untuk penanggulangan TB.

Empat, memperluas kemitraan dalam penanggulangan TB.

”Tujuan workshop ini memberikan pembekalan pengetahuan, dan ketrampilan sistem informasi terpadu pada TB dan penatalaksanaan manajemen terpadu pengendalian TB resisten obat (MTPTRO),” imbuhnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here