DLH Gelar Lomba Kreativitas Daur Ulang Sampah

0
725
KETUA Dekranasada Hj Deby Maryanti dan tim Dinas Lingkungan Hidup Bintan memperlihatkan hasil kreativitas daur ulang sampah, kepada rombongan Bupati H Apri Sujadi dan Sekda Adi Prihantara.f-yendi/tanjungpinang pos

Puncak Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional

KIJANG – Bupati dan jajaran Pemkab Bintan bersama ribuan masyarakat Bintan memperingati, puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), di GOR Demang Lebar Daun, Kijang, Kamis (29/3) lalu. Di ajang ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dekranasda Bintan menggelar lomba kreativitas pelajar dalam mendaur ulang sampah, menjadi produk berharga.

Puncak peringatan HPSN ini diawali dengan pelantikan 38 orang perwakilan 38 RW di empat kelurahan yang ada di Kecamatan Bintan Timur. 38 orang ini sebagai duta lingkungan hidup. Pada kesempatan tersebut juga dilantik sejumlah pelajar sebagai polisi kebersihan. Pemkab Bintan juga melantik Satgas kebersihan lingkungan dan Satgas jumantik.

Selain itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi menyerahkan bantuan CSR dari Bank Riau Kepri, berupa 100 unit mesin potong rumput, 2.500 kursi, 25 unit tenda, dan penyerahan tong sampah bagi sekolah Adiwiyata di Kecamatan Bintim. Sekolah ini antara lain SDN 17, SMPN 2 Bintim dan SMAN 1 Bintan Timur.

Baca Juga :  Warga Tionghoa Buru Suvenir dan Merias Vihara

Masih dalam rangkaian puncak peringatan HPSN tahun 2018, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan bersama Dekranasda Bintan menggelar lomba kreativitas daur ulang sampah. Lomba ini ditujukan untuk siswa SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Bintan. Bupati Bintan H Apri Sujadi, Sekda Bintan Adi Prihantara dan Ketua Dekranasda Bintan Hj Deby Maryanti Apri, merasa bangga dengan hasil produk yang diciptakan pelajar, dari bahan dasar sampah itu.

Dari hasil penilaian tim dewan juri, untuk kelompok Sekolah Dasar (SD) dimenangkan oleh SDN 01 Teluk Sebong sebagai juara pertama, disusul SDN 2 Bintan Timur sebagai juara kedua, dan juara ketiga diraih SDN 2 Bintan Timur. Kategori SMP, juara pertama diraih SMPN 1 Bintan Timur, disusul SMPN 4 Bintan juara kedua, dan Juara 3 diraih SMPN 2 Bintan Timur. Sedangkan kelompok SMA diraih SMAN 1 Teluk Sebong.

Baca Juga :  4 Ribuan Warga Bintan Terima Sembako Kapolri

”Kita bangga dengan hasil kreativitas pelajar ini. Produk yang mereka hasilkan dari sampah ini, kita beli. Kemudian dipromosikan lewat media sosial,” kata Hj Deby Maryanti Apri.

Kepala DLH Bintan Afrizal Bahar menyampaikan, rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai puncak peringatan HPSN 2018, yang sudah dilaksanakan selama tiga bulan. Program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) ini merupakan gerakan yang diinisiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup RI. Untuk di Bintan, Pemkab Bintan sudah melakukan gerakan aksi bersih sampah, dengan sasaran semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan program kebersihan.

Baca Juga :  Bintan Memperpanjang Pendaftaran Siswa Baru

”Seperti yang disampaikan Pak Bupati Bintan H Apri Sujadi, gerakan peduli sampah ini menjadi pendukung bagi Bintan untuk penilaian Adipura tahun 2018 ini. Bintan sudah tiga kali menerima Piala Adipura, semoga tahun ini kita raih lagi,” harap Afrizal Bahar. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here