DLH Segera Cek Truk Limbah B3

0
913
Seorang warga mengamati 3 truk yang diduga bermuatan limbah B3 saat parkir di wilayah Pelabuhan ASDP Roro Tanjunguban, Rabu (7/2).F-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan segera mengecek tiga truk yang bermuatan limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) yang diparkir di Pelabuhan Roro ASDP Tanjunguban.

Asri, Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah B3 DLH Bintan mengatakan, pihaknya belum mengetahui permasalahan truk limbah tersebut. Namun pihaknya akan segera melakukan pengecekan terhadap truk tersebut dan asal usulnya. ”Kami akan cek. Kami belum bisa pastikan itu limbah dari mana. Seharusnya untuk pengangkutan limbah B3, pihak perusahaan mengajukan permohonan kepada kami. Nanti, akan kami cek sebelum limbah itu diangkut,” katanya, Kamis (8/2).

Baca Juga :  Semua Suku Kompak Bacakan Ikrar Deklarasi Kebangsaan di Gedung Daerah

Untuk bulan Februari 2018 ini, menurutnya baru ada 3 perusahaan di Kawasan Lobam yang sudah mengajukan permohonan pengecekan kepada DLH. Selain wilayah itu, belum ada.

”Segera kami pastikan dulu, karena memang kalau tidak ada pengecekan dan pemeriksaan dari kami, limbah B3 tersebut tidak boleh diangkut. Apalagi sampai menyeberang dari Bintan ke Batam,” jelasnya.

Sebelumnya, Astuni, Supervisor Pelabuhan Roro ASDP Tanjunguban mengatakan, sudah ada beberapa kali pengangkutan limbah B3 dari Tanjunguban menuju Batam, tanpa koordinasi dengan pihaknya. ”Ya seharusnya kan koordinasi, karena mengangkut limbah kan tidak boleh sembarangan campur dengan penumpang,” katanya. (aan/fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here