Dokumen Lima Parpol Belum Lengkap

0
784
Zulkifli Riawan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang sudah menerima pendaftaran 19 partai politik untuk menjadi peserta Pemilu pada 2019 mendatang.

TANJUNGPINANG – Namun, baru 14 parpol yang mendapat tanda terima karena berkas syarat pendaftaran sudah lengkap. Pendaftaran berakhir Senin (16/10) pukul 24.00. ”Sementara 5 parpol lainnya sedang dalam pemeriksaan berkas lagi,” kata Devisi Perencanaan dan Data KPU Kota Tanjungpinang, Zulkifli Riawan kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (17/10).

Menurutnya, kelima parpol yang belum melengkapi berkas parpolnya yakni Partai Demokrat, PBB, PKB, Partai Republik dan Partai Rakyat. Perpanjangan waktu untuk melengkapi berkas parpol berdasarkan surat edaran dari KPU RI Nomor 585/PL.01.1SD/03/KPU/X/2017, perihal pendaftaran akhir partai politik peserta Pemilu tahun 2019. ”Penambahan waktu 1 x 24 jam terhitung sejak berakhirnya waktu pendaftaran tanggal 16 Oktober 2017 pukul 24.00,” bebernya.

Baca Juga :  Bacaleg DPD RI Dapil Kepri Bakal Berguguran

Kata dia, tiga dari lima parpol sudah memenuhi jumlah minimal keanggotaan sebanyak 207 jiwa. Sementara, tiga parpol tersebut masih ada yang terlupa untuk melampirkan fotokopy kartu tanda anggota (KTA) maupun KTP keanggotaan parpol tersebut. Yakni, Partai Demokrat, PBB dan PKB.

Dua parpol lagi yang belum memenuhi jumlah minimal keanggotaan sebanyak 207 jiwa yaitu Partai Rakyat dan Partai Republik. Kalau kedua parpol ini tidak memenuhi kuota jumlah minimal keanggotaan, maka bisa saja mereka tidak ikut pesta demokrasi di Tanjungpinang tahun 2019 mendatang. ”Semua ini berdasarkan hasil pantauan kita melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Karena kita (KPU, red) di daerah hanya menerima data dari KPU RI melalui Sipol. Lalu, kita lakukan verifikasi,” ucap dia.

Baca Juga :  Soerya dan PDIP Selalu Peduli

Berkas 14 parpol sudah lengkap berdasarkan data dari Sipol hingga dilakukan verifikasi di KPU Kota Tanjungpinang, yakni PKPI, PDIP, Partai NasDem, Partai Perindo, Partai Idaman, Berkarya, PSI, PAN, PKS, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, Garuda, dan Hanura. ”Kita harap lima parpol harus melengkapi berkasnya,” harap dia.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here