Dompak Disulap Jadi Wisata Mangrove

0
1106
MENINJAU: Gubernur meninjau lokasi hutan mangrove di kawasan Dompak baru-baru. ini.f-suhardi/tanjungpinang pos

Selain sebagai kota perdagangan, Tanjungpinang juga menyimpan potensi wisata mangrove alias bakau yang kini mulai dipromosikan untuk khalayak ramai.

TANJUNGPINANG – Satu di antaranya adalah wisata Hutan Mangrove Kota Rebah, Sungai Carang. Bahkan Pemprov Kepri melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan sudah membuat rancangan master plan untuk pengembangan kawasan hutan mangrove di pulau Dompak. Hutan mangrove ini akan jadi tempat wisata bagi turis. Tempat wisata baru ini nantinya, juga bisa menjadi destinasi piknik akhir pekan bagi masyarakat.

Baca Juga :  Proyek Gurindam 12 Ikon Pariwisata Baru

”Pengembangan kawasan hutan mangrove ini atas perintah beliau, (gubernur Nurdin,red) agar ke depan Pulau Dompak tidak hanya sebagai kawasan pemerintahan, tapi ada sarana olahraga dan wisata,” ucap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri Abu Bakar kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (28/12) kemarin.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun, sejak pertama kali kawasan pulau Dompak di kembangkan sudah melirik hutan mangrove di pesisir jalan utama menuju kantor pemerintahan itu dapat menarik wisatawan lokal sampai mancanegara.

Hutan mangrove yang masih terbilang asli, serta menyimpan banyak keindahan alam saat pagi, siang maupun malam. Ke depan hutan tersebut akan dibangun pelantar, agar masyarakat yang datang dapat melihat lebih dekat nuansa hutan mangrove tersebut.

Baca Juga :  Ini Cara Lintas Komunitas Otomotif Berbagi

”Luas hutan ini, lebih kurang 6 hektare, bukan tidak mungkin, seluas itu pula pelantar yang dibangun dan mengelilingan lokasi ini,” beber Abu.

Belum lama ini, Gubernur Nurdin Basirun kepada Tanjungpinang menceritakan, tidak akan membiarkan hutan itu dirusakkan oleh oknum-oknum yang sengaja memanfaatkan untuk kebutuhan pribadi.

Hutan yang masih sangat asli tersebut, rencana Nurdin akan ditata, untuk pengunjung yang hobi dengan dunia wisata alam, supaya ke depan nuansa hutan mangrove di pulau Dompak akan tetap terjaga dan asri.

Baca Juga :  Kemenag Tanjungpinang Belum Terapkan Kartu Nikah

”Saya minta Kadis PU untuk membuat rencana penataannya, kita tidak menghancurkan melainkan memelihara keaslian hutannya.(SUHARDI-ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here