Dompak Makin Mempesona

0
780
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun didampingi Kepala Dinas PU Pemprov Kepri saat meninjau pembangunan sejumlah proyek di Pulau Dompak, belum lama ini. F-suhardi/tanjungpinang pos

Gubernur Minta Benahi Pantai Tanjungsiambang

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meminta Pulau Dompak dibenahi dan setiap tahun agar makin mempesona serta menjadi kawasan wisata gratis bagi masyarakat. Sehingga, masyarakat tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membawa keluarga rekreasi.

DOMPAK – KARENA itu, Nurdin meminta Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Kepri untuk membenahi Pulau Dompak secara bertahap mulai dari pintu masuk Jembatan 1 Dompak, jembatan, bundaran pertama, kedua, jalan, pedestrian, wisata mangrove, lampu jalan, tugu iqra, masjid hingga Pantai Tanjungsiambang.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Pemprov Kepri, Naharuddin menegaskan bahwa Gubernur ingin pembenahan dan penataan Pulau Dompak terus digesa.

Baca Juga :  Gubernur Minta Selalu Rendah Hati

Selain sebagai kawasan pemerintahan sektor lainnya seperti bidang pariwisata, olahraga, kuliner dan keagamaan harus terus tumbuh dan berkembang.

Tak hanya itu, Gubernur juga menurutnya, akan menata kawasan Pantai Tanjungsiambang yang rencananya mulai dikembangkan tahun 2018 ini.

Gubernur pun sudah meminta Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan meninjau lokasi Pantai Tanjungsiambang, sebagai sektor pengembangan kawasan wisata terpadu.

”Sebagai pusat pemerintahan artinya harus menjadi perhatian seluruh masyarakat, dengan artian semua aktivitas dapat dilakukan di sini bukan hanya terkait dengan pemerintahan saja,” ujar Naharuddin di Dompak, Rabu (17/1).

Baca Juga :  APBD Perlu untuk Memajukan Pramuka

Kelengkapan itu, menurut Nahar harus dalam kuantitas yang optimal dengan kualitas terbaik. Komitmen yang tinggi tersebut tentu perlu anggaran yang tidak sedikit. ”Kita akan menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan yang ada, jadi kita akan lakukan secara bertahap tiap tahunnya,” ujar Nahar.

Demi mewujudkan itu semua, tahun 2018 ini direncanakan akan dibangun lapangan sepakbola secara bertahap dengan anggaran sebesar Rp 20 miliar dengan beberapa item seperti pematangan lahan, drainase, pembangunan lapangan dan tribun serta pagar tembok dengan lahan seluas 4/5 hektare. Direncanakan minggu ke-3 Februari sudah mulai dikerjakan.

Baca Juga :  Nurdin Ingin Wujudkan Generasi Berkualitas

Selain itu direncanakan pula dibangun kampung nelayan untuk masyarakat di pesisir Pulau Dompak dan membangun wisata mangrove. Untuk pembenahan Pulau Dompak sendiri lanjutan pada tahun 2018 ini dianggarkan sebesar Rp 14 miliar.

Gubernur berpesan, awal 2018 OPD agar melengkapi seluruh pemberkasan di awal seperti SIRUP.(MARTUNAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here