Dongkrak Wisatawan, Disbudpar Ajak OPD Gelar Event

0
373
Turis Tiongkok berfoto berlatar belakang ornamen Gedung Gonggong Tepilaut Tanjungpinang. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bakal melaksanakan 30 event atraksi wisata pada tahun ini. Kegiatan itu dilakukan untuk mempromosikan Tanjungpinang guna mendongkrak kunjungan para wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpianng, H Surjadi menjelaskan jumlah event tersebut dinilai masih kecil. Paling tidak ada 100 event harus digelar, untuk menarik wisatawan ke Tanjungpinang.

”Mestinya ada 100 event pariwisata sepanjang tahun 2020 harus digelar, tapi karena anggaran terbatas akhirnya hanya ada 30 event saja,” ujarnya.

Sambung dia, karena Disbudpar hanya bisa menggelar 30 event sepanjang tahun ini, ia mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Tanjungpinang serta stakeholder terkait bersama-sama untuk sering mengadakan event atau kegiatan pariwisata.

”Event atau kegiatan tidak hanya di kita (Disbudpar, red) saja tapi kita minta kepada OPD,” kata Surjadi.

Tapi, lanjut dia, event atau kegiatan harus ada di OPD lainnya serta elemen masyarakat, seperti komunitas atau organisasi masyarakat lainnya. Baiknya, event atau kegiatan lebih banyak terlaksana di Kota Tanjungpinang.

Selama ini, katanya, Komunitas Tionghoa yang selalu mengadakan event setiap tahun. Seperti event sembahyang dan lainnya harus didukung.

”Event tersebut sangat menarik sekali dikemas menarik agar bisa mendatangkan turis,” ucap dia.

Rencananya, pihaknya akan menerapkan program satu OPD satu event. Misalnya, kegiatan atau event akan terlaksana di lingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang. Atau di lingkungan OPD lainnya. Bisa jadi, satu OPD memiliki event atau kegiatan lebih dari satu.

”Ini lebih baik lagi, dan saya sudah laporkan ke Pak Walikota soal rencana tersebut,” terang dia.

Sementara, Disbudpar Kota Tanjungpinang baru mencatat 30 event yang akan dilaksanakan di sepanjang tahun 2020 ini. Seperti event Dragon Boad Race, Festival Pulau Penyengat dan masih banyak event lainnya. 30 event tersebut sudah masuk di kalender Disbudpar Kota Tanjungpinang.

”Kalau mau mengdongkrat wisatawan, minimal 100 event setiap tahun,” harap dia.

Masih kata Surjadi, ia optimis kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here