Dorong Amsakar ke Provinsi, Ketua PWI Kepri Cocok Disandingkan dengan Rudi

0
581
Dorong Amsakar ke Provinsi, Ketua PWI Kepri Cocok Disandingkan dengan Rudi.

BATAM – Pilkada Serentak 2020 sudah semakin menghangat. Di Indonesia bakal ada 270 Pilkada yang akan digelar. Untuk di Kepri, akan ada 7 Pilkada. Pilgub Provinsi Kepri, Pilwako Batam, Pilbup Bintan, Pilbup Lingga, Pilbup Karimun, Pilbup Anambas dan Pilbup Natuna. Dari 7 Pilkada yang akan digelar di Kepri, gaungnya yang paling hangat adalah Pilgub Provinsi Kepri dan Pilwako Batam.

Untuk pemilihan walikota dan wakil walikota Batam, sejumlah kalangan memprediksi, sosok incombent M Rudi masih akan sulit untuk dikalahkan karena ia terbukti sudah mampu mengubah Kota Batam menjadi lebih elegan. Rudi masih ada kesempatan satu periode lagi untuk maju sebagai kepala daerah di Kota Batam. Selain nama Rudi nama-nama lain juga belum terdengar untuk maju. Sejumlah politisi dan pengamat di Batam hanya memprediksi siapa yang bakal mendampingi Rudi untuk maju pada 2020 di Pilwako Batam.

Populeritas Rudi saat ini sedang naik daun. Sempat ada yang menggadang-gadang dirinya akan maju di Pemilihan Gubernur 2020. Namun peluang itu akan sulit untuk terwujud, pasalnya Kedua DPW NasDem Provinsi Nurdin Basirun yang merupakan Gubernur Kepri saat ini, tentu masih akan maju lagi di Pilgub. Selain itu DPP NasDem pusat tentu tidak ingin sesama kader NasDem head to head.

Wakil Walikota Batam saat ini Amsakar Achmad juga berpotensi bertahan sebagai wakilnya Rudi. Nama Amsakar juga cukup moncer belakangan ini. Bahkan banyak spekulasi menyebut Amsakar berpeluang maju sebagai calon bupati di kampung halamannya di Lingga. Namun, DPW dan DPP NasDem tentu akan sulit mengabulkan. Pasalnya Alias Welo Ketua NasDem Lingga yang kini menjabat sebagai Bupati Lingga baru satu periode jadi bupati. Kemungkinan Amsakar akan digandeng Nurdin Basirun untuk berpasangan maju sebagai calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur.

Baca Juga :  Kasad Minta Prajurit Terus Mengasah Kemampuan

Elektabilitas Amsakar selain sudah teruji saat berpasangan dengan Rudi di Pilwako Batam 2014 lalu, ia juga populer di Lingga. tentu ini akan menguntungkan pasangan Cagub dan cawagub yang mengandeng Amsakar. Apalagi Batam memiliki pemilih lebih dari 50 persen di kepri hingga mengandeng Amsakar tentu berpeluang meningkatkan elektabilitas yang bagus. Lalu siapa yang pantas mendampingi Rudi yang akan maju sebagai Walikota Batam?

Sejumlah media suah menyebut-nyebut nama Candra Ibrahim. Praktisi hukum dan akademisi Markus Gunawan, mengatakan, sebenarnya banyak tokoh yang pantas mendampingi Rudi. Seperti Candra Ibrahim. Dia sempat disebut-sebut bakal maju di Pilkada Natuna karena dia kelahiran Natna. “Kalau saya pribadi mengatakan, Candra lebih cocok mengabdi untuk Batam,” katanya. Ketua DPC PKB Kota Batam, Jefri Simanjuntak, juga menyebutkan, saat ini sudah banyak figur yang dianggap layak dimajukan dalam Pilkada 2020 mendatang.

Bukan hanya dari kalangan internal partai, tapi juga dari profesional. Semakin banyak calon maka akan semakin bagus. Dari PKB sendiri, siapa yang muda dan punya visi yang jelas akan tetap kita tampung,” katanya.

Baca Juga :  Pramuka Kumpulkan Rp147 Juta, 742 Koli Barang

Nama Candra Ibrahim, menurutnya sangat layak. Apalagi Candra memiliki pengalaman dan track record yang baik dalam memimpin perusahaan besar dan berpengaruh di masyarakat. selai itu Candra, juga sangat mengerti apa yang dibutuhkan Batam saat ii, karena sudah belasan tahun menjadi pemimpin Media massa terkemuka. Sekarang, tergantung Bung Candra berkoordinasi dengan partai mana nantinya. Kalau dari internal kami, ada beberapa figur yang layak untuk dimajukan, dan Candra menurut kami layak diperhitungkan. Nah semua figur ini akan kita saring,” katanya.

Menanggapi munculnya nama muda dari kalangan profesional ini, Ketua Dewan Penasihat PWI Kepri Marganas Nainggolan menyambut positif.

“Jika nama tokoh dari pers, dari PWI ada yang melirik, kita mesti mendorong. Apalagi untuk kepentingan Batam,” ujarnya.
Artinya, PWI Kepri siap menghibahkan figur-figur yang dianggap layak menjadi bagian dari penentu kebijakan dalam memajukan Batam,” kata Marganas saat berdiskusi dengan Ketua Dewan Kehormatan PWI Kepri, Ricard Nainggolan, Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim dan sejumlah pengurus harian lainnya.

Candra menurut Marganas, sudah cukup matang di organisasi, yang bersangkutan juga punya latar belakang perekonomian yang mumpuni, dan kini sedang menakhodai perusahaan Batam Pos.

Baca Juga :  Ekonomi Kepri Terendah Indonesia

“Kemampuannya sudah lebih dari mencukupilah, Candra layak menjadi pertimbangan Pak Rudi dalam menentukan pasangan,” ungkap Marganas.
Setali tiga uang, Ketua Dewan Kehormatan PWI Kepri, Ricard Nainggolan juga mengungkapkan hal yang sama.

“Sudah saatnya figur dari PWI Kepri, insan pers, wartawan menjadi penentu kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Batam,” ungkap Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Batam ini.

Pria yang akrab disapa Opung ini juga akan merangkul sejumlah pihak dan akan memberikan dukungan penuh pencalonan Candra Ibrahim.
“Insan pers Kepri pasti akan memberikan dukungan penuh, karena ini menjadi moment perjuangan bersama demi Batam yang lebih maju,” ungkap Opung.

Sementara itu, Candra Ibrahim sangat berterima kasih dengan dukungan, dorongan dan semangat yang diberikan oleh Ketua Dewan Penasehat dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Kepri.
“Kami secara pribadi sudah melakukan pendekatan-pendekatan awal kepada sejumlah pihak termasuk partai politik, dukungan dari teman-teman, para senior menjadi modal dasar kami dalam melangkah lebih lanjut,” ujar Candra yang didampingi Sekretaris PWI Kepri Novianto, Sekretaris DK Haryanto dan Ketua Pokja PWI Batam, Noer Syahrullah di PIH Batam. (jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here