Dosen UMRAH Ketua Forum Warek

0
219
WAKIL Rektor I UMRAH Tanjungpinang, Prof. Dr. rer nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si berjabat tangan dengan dosen perguruan tinggi lainnya setelah terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Akademik untuk Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat periode 2019-2020. f-istimewa

Rayandra Asyhar Pimpin BKS-PTN Wilayah Barat Periode 2019-2020

Wakil Rektor I Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kota Tanjungpinang, Prof. Dr. rer nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Akademik untuk Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat periode 2019 hingga 2020 mendatang.

TANJUNGPINANG – SEDANGKAN Sekretaris Forum Wakil Rektor Bidang Akademik untuk Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat periode 2019-2020 terpilih Prof. Lizar Alfansi, MBA, Ph.D, yang merupakan Wakil Rektor I di Universitas Bengkulu.

Rapat Forum Wakil Rektor Bidang Akademik BKS PTN Wilayah Barat itu, dilaksanakan pada Minggu-Senin, 23-24 Juni 2019 di Universitas Lampung, Bandar Lampung

Rapat Forum itu merupakan rapat khusus wakil rektor bidang akademik bagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung di BKS-PTN Wilayah Barat, dengan agenda utama yakni pemilihan ketua dan sekretaris Forum Wakil Rektor Bidang Akademik.

Hadir untuk membuka acara tersebut Rektor UNILA Prof. Dr. Ir. Hariyadi Mat Akin, M.P, serta hadir juga Ketua BKS-PTN Wilayah Barat Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc yang juga merupakan Rektor UMRAH Tanjungpinang.

Sebagai tuan rumah dan Ketua BKS-PTN Barat, kedua rektor tersebut mendapat kehormatan untuk memberikan sambutannya dalam acara pembukaan rapat forum itu.

Dalam sambutannya, Rektor UNILA (tuan rumah) Prof. Dr. Ir. Hariyadi Mat Akin, M.P menekankan, pentingnya inovasi dan kreativitas di era industri 4.0.

Sedangkan rektor UMRAH yang juga merupakan Ketua BKS-PTN Wilayah Barat, lebih menekankan perlunya kolaborasi mutualistis antar PTN dengan institusi maupun lembaga lainnya

Saat dihubungi, Wakil Rektor I UMRAH Rayandra Asyhar menjelaskan, bahwa program Forum Wakil Rektor Bidang Akademik BKS-PTN Wilayah Barat akan ditekankan pada revitalisasi dan implementasi daring.

”Ke depan, program Forum Akademik BKS-PTN Wilayah Barat akan ditekankan pada Revitalisasi dan Implementasi Daring untuk menghadapai era industri 4.0. Melalui kerja sama forum dengan berbagai institusi, dan lembaga nasional maupun internasional,” terang Prof. Ray.

Forum Wakil Rektor Bidang Akademik BKS-PTN WIlayah Barat ini beranggotakan 33 PTN, termasuk UIN.

UMRAH merupakan PTN pertama dan satu-satunya di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini, mulai menunjukkan kegemilangannya di kancah nasional maupun internasional.

Tak hanya di sisi prestasi, mahasiswanya di bidang akademik maupun non akademik, pada level pimpinan atau pejabat di institusi pendidkan tinggi itu juga nampak mulai diperhitungkan keberadaannya

Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc yang juga mantan Atase Pendidikan dan Kebudayaan untuk KBRI Perancis itu, baru saja mendapatkan kepercayaan untuk kedua kalinya memimpin BKS-PTN yang memiliki fungsi mengkoordinir PTN di Wilayah Barat Indonesia dalam hal berbagai kepentingan antar sesama PTN di wilayah itu sendiri.

Selain itu, Kepala Biro Umum Perencanaan dan Keuangan UMRAH, Drs. Edison, MBA dipercaya dan dipilih sebagai Ketua Forum Kepala Biro Umum dan Keuangan PTN se-Indonesia.

Merespon hal tersebut, Rektor UMRAH turut senang dan bangga dengan apa yang telah dicapai oleh UMRAH, khususnya civitas akdemikanya

”Alhamdulillah, UMRAH cukup diperhitungkan. Ini merupakan salah satu tolak ukur kemajuan yang telah dicapai oleh institusi kita,” ujar Prof. Syafsir Akhlus.

Perlu diketahui, UMRAH merupakan salah satu universitas termuda di negeri ini yang memiliki nilai strategis bagi wilayah dimana ia bertempat di Provinsi Kepri. Tidak cuma bagi Kepulauan Riau sendiri namun juga bagi Indonesia di wilayah barat. Karena kampus ini terletak di garis depan negeri ini, berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura dengan lokasi geografis yang saling berdekatan sejak zaman kerajaan Riau-Lingga.

UMRAH berdiri sejak tahun 2007 di bawah payung hukum SK Mendiknas No 124/D/O/2007 di Tanjungpinang, Ibukota Provinsi Kepri. Dalam Perkembangannya, UMRAH yang kini telah disahkan menjadi universitas negeri pertama Kepulauan Riau berdasarkan Perpres No.53 tahun 2011 ini bercita-cita untuk tumbuh dan terus berkembang dalam menghasilkan lulusan yang cerdas, madani, dan transformatif.(ADLY ‘BARA’ HANANY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here