DPAD Gaet Finalis Islamic Book Award 2018

0
181
BUPATI Bintan H Apri memperkenalkan Riawani Elyta kepada pelajar, di sela promosi minat baca 2018, yang digelar DPAD Bintan di relief Antam Kijang, Senin (30/7) kemarin. F-yendi/TANJUNGPINANG POS

Pemkab Bintan Kembangkan Minat Baca Generasi Gemilang

KIJANG – Pemkab Bintan melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) menggaet Riawani Elyta sang finalis Islamic Book Award 2018, untuk meningkatkan minat baca kalangan pelajar, Senin (30/7) kemarin. Upaya promosi minat baca tahun 2018 ini bertujuan, untuk mengembangkan minat baca generasi Gemilang, menuju kemajuan daerah ke depan.

Promosi minat baca tahun 2018 di lapangan relief Antam ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bintan H Apri Sujadi. Dalam kegiatan itu hadir Sekda Bintan Adi Prihantara, Ketua TP PKK Hj Deby Maryanti, Plh Kepala DPAD Bintan Asun Ani, Riawani Elyta, dan sejumlah pimpinan OPD serta 300 pelajar SMP, SMA dan lembaga pendidikan umum.

”Promosi minat baca ini untuk membangkitkan minat baca kalangan pelajar sebagai generasi Gemilang, Kabupaten Bintan. Agar mencintai seni dan budaya sendiri. Seperti buku karya anak negeri, karangan Riawani Elyta,” kata Asun Ani.

Selain finalis Islamic Book Award 2018, Riawani Elyta memenangkan juara harapan lomba novel inspiratif tahun 2014. Riawani merupakan seorang pegawai Pemkab Bintan, yang telah membuat 24 buku. Dari jumlah tersebut, 16 buku merupakan novel. Satu di antaranya adalah novel berunsur islami, dengan judul The Secret of Room 403.

Novel The Secret of Room 403 ini menceritakan tentang seorang penulis, yang diminta untuk menulis tentang ayah dari seorang tokoh politik untuk menuju RI 1 (Presiden). Si penulis adalah sebagai penulis bayangan dari kisah nyata tragedi Tanjung Priok, tahun 1984. Di masa itu, ada sekelompok orang yang beribadah di musala. Kelompok ini ditembak mati.

Tragedi Tanjung Priok ini diangkat dari seorang pelaku sejarah dan menjadi kunci perjalanan si pejabat, yang dikisahkan dalam novel The Secret of Room 403 ini. ”Pesan moral yang disampaikan dalam novel The Secret of Room 403 ini, jika Allah sudah berkehendak, tidak ada yang mustahil. Kehendak itu bisa nyata. Dengan novel ini, kita berharap minat baca pelajar Bintan semakin meningkat,” harap Riawani Elyta, yang hadir dalam promosi minat baca 2018, yang digelar DPAD Bintan tersebut.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, tingkat minat baca Indonesia masih berada di urutan kedua terendah di dunia. Justru itu, diperlukannya terobosan inovasi dalam membangkitkan minat baca bagi generasi Bintan Gemilang. Karena, membaca itu adalah kunci kecerdasan generasi muda. Sementara, generasi di masa sekarang adalah cerminan untuk kemajuan generasi di masa depan.

”Mari kita bangkitkan minat baca di Bintan. Kami dari Pemkab Bintan, akan terus memberikan fasilitas sarana dan prasarana. Seperti gedung community di Kijang ini, akan dijadikan pustaka in door dan out door. Kemudian, kapal pustaka tetap dioperasikan untuk anak pulau,” jelas H Apri Sujadi. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here