DPMD Gelar TTG, Terbuka untuk Umum

0
796
Ronny Kartika

Bintan – PEMKAB Bintan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bintan menggelar kompetisi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dibuka untuk masyarakat umum, khususnya para pelajar se-Kabupaten Bintan.

”Kami memberi tantangan kepada para pelajar untuk ikut kompetisi ini. Kami akan berikan hadiah dan penghargaan bagi pemenang,” kata Ronny Kartika Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan, di sela coffee morning Pemkab Bintan dengan DPRD, Rabu (8/3).

Menurutnya , Lomba Teknologi Tepat Guna ( TTG ) ini digelar dalam rangka meningkatkan peranan masyarakat untuk terus berkreasi dan berinovasi demi kesejahteraan masyarakat.

”Kompetisi digelar mulai tanggal 13 Maret 2017 hingga 12 April 2017. Pemenang akan diberikan piala tetap, piagam dan uang pembinaan. Untuk juara 1 hingga 3 akan mewakili Kabupaten Bintan untuk diikutsertakan ke tingkat Provinsi Kepri,” terangnya.

Ditambahkannya, pada kompetisi TTG ini, pelajar diharapkan dapat menciptakan benda yang bermanfaat, inovasi baru, mudah digunakan, mudah didapatkan dan berbiaya murah.

Syarat mengikuti TTG ini antara lain WNI, memiliki KTP Bintan atau kartu pelajar, berdomisili di wilayah Kabupaten Bintan, calon peserta dapat mengambil formulir pendaftaran di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mulai tanggal 13 Maret sampai dengan 7 April 2017. Proposal dan formulir pendaftaran paling lambat diserahkan kepada panitia, 12 April.

Produk TTG yang dihasilkan sudah dilakukan uji coba, bukan hasil pra-karya sekolah. TTG yang belum berhasil meraih prestasi pada tahun-tahun sebelumnya, dapat diikutsertakan kembali, dengan melakukan penyempurnaan. Produk yang diikutkan belum pernah meraih juara nasional, bukan merupakan replika dari TTG yang sudah ada.

Bupati Bintan H Apri Sujadi sangat mengapresiasi program Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bintan. Menurutnya, hal ini merupakan satu langkah maju terhadap masyarakat dan para pelajar se-Kabupaten Bintan, untuk ikut serta terlibat memberikan sumbangsih pemikiran dalam bentuk inovasi TTG.

”Kita sangat berharap agar TTG ini bisa memberikan dampak positif, untuk kemajuan daerah di bidang teknologi sederhana, tapi bermanfaat besar bagi masyarakat,” kata Apri Sujadi.(AAN – YENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here