DPMPD Bentuk Klinik Keuangan Desa

0
556
FOTO BERSAMA: Sekda Natuna foto Wan Siswandi foto bersama saat membuka resmi Klinik Keuangan Desa. F-HARDIANSYAH.tanjungpinang pos

NATUNA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Natuna membentuk Klinik Keuangan Desa (KKD). KKD yang dibentuk, menerapkan aplikasi berbasis sistem keuangan Desa.

Sekda Pemkab Natuna Wan Siswandi mengatakan, dengan diresmikannya Klinik Keuangan Desa diharapkan pengelolaan keuangan Desa yang Efektif. Tujuannya, agar kepala desa berhati-hati dalam menggunakan anggaran yang disalurkan kas daerah.

”Para kades harus berhati-hati gunakan anggaran. Maka klinik keuangan desa dapat membantu,” kata Siswandi, saat membuka secara peresmian, kemarin. Menurutnya, sekarang ini beberapa kepala desa sudah mulai dibidik kepolisian maupun kejaksaan. Sehingga, klinik keuangan desa dapat mencegah dan mengobati persoalan keuangan di desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pemkab Natuna Indra Joni mengatakan, perangkat desa hingga saat ini kurang mendapatkan pembinaaan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

”Sumber Daya Manusia (SDM) di desa masih sangat minim, dalam memahami perihal keuangan desa. Hal ini dilihat dari faktor geografi desa-desa di Natuna, yang lokasinya jauh tersebar di pulau-pulau,” sebut Indra Joni. Peran petugas pendamping yang turun ke desa untuk pembinaan. Termasuk, peningkatan sarana prasarana desa dan tunjangan pegawai desa sangat penting.

Dengan adanya Klinik Keuangan Desa, dapat memakmurkan desa dan mendukung program pemerintah. Untuk itu, dengan adanya klinik ini diharapkan bisa membatu permasalahan yang ada di desa. Dan bisa menjadi solusi terbaik dalam menjalankan roda pemerintahan desa. ”Kita ingin dengan klinik ini yang terletak di Jalan Hasanudin, Ranai bisa menjadi solusi terbaik bagi para Kades,” tutupnya. (cr25)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here