DPRD Batam Sudah Hasilkan 156 Perda

0
632
Dialog: Ketua DPRD Batam saat dialog terbuka dengan ketua PWI kprti ramin Damora serta akademisi di rangkaian acara HUT DPRD Batam Kamis (19/10) di Gedung Dewan, Batamcenter.f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Memperingati hari ulang tahun ke-17, DPRD Kota Batam, meminta agar elemen masyarakat, mewujudkan harmonisasi, baik antar masyarakat dan antar pemerintah. Dewan sendiri mengakui berkomitmen untuk membangun harmonisasi antar elemen. Dewan berkomitmen juga untuk mendorong terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Ketua DPRD kota Batam Nuryanto mengungkapkan, sejak DPRD Batam berdiri pada 2000 hingga saat ini, sudah dilahirkan 156 Perda. Pada periode anggota dewan saat ini, sudah ada sekitar 23 Ranperda. Hasil produk yang periode dewan saat ini, lima Ranperda sudah dijalankan.

”Seperti Pemeliharaan kesehatan daerah. Kita akan lahirkan 28 Ranperda sampai akhir tahun ini,” beber. Harapan dan imbauan itu diungkapkan Ketua DPRD Batam, Nuryanto, Kamis (19/10), saat dialog dalam rangka perayaan HUT DPRD Batam. Tampil sebagai pembicara, selain Nuryanto, ada Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk, Pimred Tanjungpinang Pos yang juga Ketua PWI Kepri, Ramon Damora dan Rektor Poltek Batam, Priyono Eko.

Baca Juga :  Proyek Berakhir 15 Desember

”Mari kita menjaga kerukunan, kebersamaan agar tercipta keharmonisan. Kami berharap benar, harmoni DPRD, Pemko dan BP,” harap Nuryanto.

Terkait HUT DPRD Batam kali ini, Nuryanto mengajak semua pihak, khususnya anggota dewan, untuk refleksi. Dimana, HUT kali ini dapat dijadikan sebagai moment untuk merefleksikan perjalanan dewan. ”Apakah yang duduk (dewan) sudah menampung aspirasi rakyat? Jawabannya ada pada masing-masing anggota dan penilaian datang dari masyarakat,” katanya.

Diakui, pihaknya menyadari apa yang sudah dan sedang dilakukan, belum memberikan yang terbaik. Tapi dengan kerjasama, dapat mendorong kesejahteraan masyarakat. ”Bukti konkrit, tidak akan terlihat hari ini. Tapi yakin dan percaya, jika kebaikan akan dilihat dan dibicarakan setelah melewati waktu (periode),” harapnya.

Baca Juga :  Calon Siswa Ditampung Tanpa Zonasi

Sementara Ketua PWI Kepri, Ramon Damora mengingatkan, pentingnya Perda yang dihasilkan, dijalankan secara efektif. Seperti Perda kawasan bebas asap rokok yang belum berjalan. ”Perlu ada dialektika antara politisi dan masyarakat,” katanya.

Ramon juga menyinggung fungsi media, yang diakui bukan menyampaikan kebenaran mutlak, namun kebenaran fungsional. Media menyampaikan kebenaran yang difungsikan untuk kepentingan masyarakat. Dia juga menyinggung soal Perda yang dihasilkan dewan.

”Karena itu, kami siap bersinergi dengan dewan. Kami di media, melihat ukuran keberhasilan kinerja tidak hanya dari kuantitatif perda, tapi juga kualitatif,” imbuhnya. Sementara Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk mengapresiasi kinerja dewan diumurnya yang ke-17. Dewan dinilai cukup responsif terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat dan pengusaha. Di antaranya terkait dengan Perka BP Batam, yang diprotes pengusaha.

Baca Juga :  Daftar JKN-KIS Bisa Lewat Telepon

”Kadin Batam memberikan apresiasi dewan, yang cepat merespon. Terakhir terkait dengan peraturan Kepala BP Batam yang langsung digelar RDP minggu lalu. Responnya sangat cepat,” kata Jadi.

Rangkaian kegiatan HUT DPRD Batam yang mengambil tema, harmoni dalam keberagaman, di antaranya ada pertandang tenis meja, pameran seni rupa, workshop yang diikuti siswa SMA, hingga diskusi kinerja dewan dalam perspektif masyarakat. Selai itu, ada lomba rebana, zikir akbar, senam sehat, seromonial puncak peringatan HUT DPRD. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here