DPRD Gandeng KPK Cegah Korupsi

0
490
RAPAT: Sejumlah anggota DPRD Natuna mengikuti pertemuan dengan KPK di ruang paripurna, kemarin. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – DPRD Natuna menggelar Rapat Paripurna Pertemuan dengan KPK, Senin (24/7). Pada kesempatan itu, KPK mengajak DPRD mencegah korupsi sedini mungkin. Ketua Tim Satgas Pencegahan KPK Asep Rahmad Suanda mengatakan, korupsi merupakan tindak pidana kejahatan yang sangat merugikan negara. Karenanya, semua orang berkewajiban mencegah terjadinya korupsi. ”Pertama sekali kami mengapresiasi DPRD Natuna atas sambutan dan semangatnya. Kami kemari untuk berdiskusi, dalam rangka menyerap informasi sebagai langkah awal mengantisipasi terjadinya korupsi,” kata Asep mengawali persentasinya, kemarin.

Ia menjelaskan, mencegah korupsi memiliki sejumlah metodologi. Mekanisme dasarnya, dimulai dari prakondisi pemberantasan korupsi terintegritas.
Hal ini berisi beberapa poin di antaranya, poin komitmen pimpinan di setiap instansi pemerintah terkait sistem dan tata kelola yang memadai yang transparant serta integritas dalam pelaksana program kegiatan. ”Kalau hal ini bisa terintegrasi jadi satu aksi, Insya Allah korupsi tidak ada lagi,” jelas Asep.

Menurutnya, DPRD sangat potensial untuk melakukan pencegahan korupsi sejak awal. Sebab, karena DPRD memiliki akses yang sangat terbuka dengan masyarakat. DPRD bisa mencegah korupsi dari level pemerintahan terendah.
Caranya, DPRD bisa mengikuti proses Musrenbang yang dilakukan dari tingkat terendah. ”Saya menyarankan agar DPRD bisa mengikuti Musrenbang dari tingkat desa. Dengan begitu, berbagai penyimpangan bisa dielakkan baik yang berupa penyimpangan skala prioritas maupun korupsi,” terangnya.

Sehingga, pembangunan dapat berjalan tepat sasaran tanpa korupsi. Ia juga mengajak DPRD, untuk menghindari gratifikasi sejauh mungkin dan mengedapankan etika sebagai pejabat negara. Usai persentasi KPK, Ketua DPRD Natuna Yusripandi menawarkan opsi rencana aksi pencegahan korupsi kepada anggota dewan. Opsi itu dapat disetujui secara aklamasi.

”Untuk pelaksanaan rencana aksi pencegahan korupsi, kami akan koordinasi dengan pemerintah terlebih dahulu. Agar rencana ini bisa berjalan maksimal, dan saya mengucapkan terima kasih pak Asep atas penjelasannya kepada kami,” ujar Yusripandi. (cr25)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here