DPRD Kesal Kepala OPD Tak Hadir

0
454
RAPAT: Rapat Paripurna Penyerahan KUA-PPAS yang hanya dihadiri beberapa undangan. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Rapat Paripurna KUA-PPAS APBD 2018 Sepi

LINGGA – WAKIL Ketua I DPRD Lingga H Kamarudin Ali menyayangkan minimnya kehadiran Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) saat paripurna penyerahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Suasana paripurna penyerahan KUA-PPAS diselenggarakan, Jumat (21/7). Menurut Kamarudin Ali, tidak hadirnya kepala OPD membuktikan ketidakseriusan untuk menjalankan program pembangunan.

Selain itu, KUA-PPAS adalah dokumen anggaran yang disampaikan kepala daerah sebagai penyusunan APBD berdasarkan Rancangan Kerja Prioritas Daerah (RKPD). ”Kalau Pimpinan OPD tidak hadir saat penyampaian KUA PPAS ke dewan, bagaimana bisa tahu apa pandangan Legislatif terhadap dokumen tersebut,” kata Kamarudin Ali, Minggu (23/7).

Untuk itu, pihaknya akan mengirim surat kepada Bupati Lingga H Alias Wello. Agar memberikan sanksi tegas terhadap pimpinan OPD, karena tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Ia menegaskan, sepinya paripurna menjadi bukti ketidakseriusan pengambil kebijakan di setiap OPD terkait program prioritas pembangunan yang tertuang dalam APBD. ”Ketidakhadiran pimpinan OPD jajaran Pemkab Lingga, tidak menghargai DPRD Lingga sebagai mitra kerja,” tegas Kamarudin.

Kamarudin menjelaskan, KUA-PPAS menjadi dasar penyusunan APBD Lingga yang menjadi acuan OPD dalam melaksanakan program pembangunan. Sesuai fungsinya, DPRD hanya melakukan pembahasan anggaran bersama dan melakukan pengawasan pelaksanaan program kerja.

Ironisnya, ia melihat ada kepala OPD yang tidak hadir dengan santainya berkeliling membawa keluarga di Kota Daik. Hal itu menurutnya, membuat penilaian negatif terhadap kinerja OPD tersebut. ”Kalau lebih mementingkan kepentingan pribadi dari pada daerah, wajar kalau daya serap pembangunan di Lingga ini tidak sesuai harapan,” sebut Kamarudin Ali.

Pada paripurna itu, jumlah total APBD Lingga 2018 yang diserahkan Wakil Bupati Lingga diasumsikan dalam KUA-PPAS sekitar Rp 700 miliar.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here