DPRD Minta Retribusi Digenjot

0
405
PASAR: Suasana di salah satu pasar di Ranai. Retribusi parkir di pasar ini diharapkan dapat menambah PAD. F-hardiansyah/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Ketua DPRD Natuna, Yusripandi meminta agar pemerintah dapat menggenjot penarikan retrebusi. Hal ini penting untuk tambahan pendapatan daerah.

Menurutnya, pemerintah memiliki kewajiban menjalankan amanah Perda Nomor 5 tahun tentang perubahan Perda Nomer 8 tahun 2013 tentang pajak daerah yang telah disahkan.

”Ya kita tekankan agar retrebusi dapat digenjot. Itu tugas pemerintah yang diamanatkan perda,” kata Yusri di kantornya, kemarin.

Selain untuk alasan menjalankan amanat perda, hal itu juga penting untuk memanfaatkan semua sektor dalam rangka peningkatan pendapatan daerah yang belakangan ini cenderung menurun.

”Kalau hal-hal semacam ini tak dijalankan, daerah dapat pendapatan dari mana lagi. Kita nengandalkan DBH sudah hambir habis, jadi pemerintah harus rajin memungut pendapatan semacam itu,” tegasnya.

Kepala BPPKAD, Diki Kusniadi mengaku Penerapan Perda itu sudah berjalan. Pelaksanaanya berada di sejumlah SKPD terkait.

Ia merinci pajak dan retrebusi parkir berada di bawah kewenangan Dishub dan IMB berada di bawah jewenangan Dinas PU dan kantor perizinan.

”Perda Retrebusi sudah jalan. Perbubnya sudah keluar beberapa waktu lalu dan kini sudah dijalankan oleh SKPD terkait,” tutupnya. (cr25)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here