DPRD Tak Bangga Ada Sisa Rp 40 Miliar

0
820
PARIPURNA: Sekretaris Banggar Edy Yusri menyampaikan catatan strategis dan rekomendasi DPRD Bintan terhadap LKPj, pada rapat paripurna, baru-baru ini.F-ISTIMEWA/humas

Apresiasi LKPj 2016 Kepala Daerah

BINTAN – DPRD Kabupaten Bintan memberikan apresiasi atas realisasi anggaran dan program kerja Pemkab Bintan, ketika memberikan catatan strategis dan rekomendasi terhadap LKPj tahun anggaran 2016 kepala daerah. Tapi, DPRD tak merasa bangga ketika ada sisa dana mencapai Rp 40 miliar.

Pada saat penyampaian catatan strategis dan rekomendasi DPRD Bintan, Sekwan Bintan Edy Yusri memaparkan, DPRD Bintan sangat apresiasi kepada Pemkab Bintan yang telah berhasil meraih sejumlah prestasi nasional selama tahun 2016. Seperti award 10 besar kinerja terbaik se-Indonesia atas Penghargaan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, meraih Piala Adipura Buana 2016 dan lain-lain. Begitu juga dengan realisasi pembangunan fisik dan keuangan pada APBD 2016 Kabupaten Bintan.

Baca Juga :  Pelatihan Gada Pratama, Disnakertrans-Polda Kepri Cetak 30 Satpam

Seperti bidang Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perencanaan Pembangunan, realisasi sesuai dengan proyeksi pembangunan nasional. Karena Pemkab Bintan menempatkan infrastruktur dalam skala prioritas. Meski belanja modal riil hanya sekitar Rp 211,34 miliar, dari sekitar Rp 1 triliun APBD 2016.

Begitu juga dengan bidang pendidikan. Beberapa program pendidikan gratis dan penyediaan sarana pendidikan sudah terealisasi secara maksimal, sesuai dengan anggaran yang tersedia. Termasuk bidang pelayanan kesehatan. Untuk sektor pariwisata, Pemkab Bintan sudah memberikan yang terbaik, dalam menarik kunjungan wisata dan investasi.

Sedangkan keuangan daerah, Edy Yusri selaku Sekretaris Banggar menambahkan, kebijakan umum pengelolaan keuangan daerah tahun 2016, melebihi target yang dibebankan. Dari belanja Rp 986,8miliar justru terealisasi sekitar Rp 1,03 triliun, atau sekitar 105,3 persen. Naiknya penerimaan dari Dana Alokasi Umum (DAU) dari target sekitar Rp 417,26 miliar, menjadi sekitar Rp 449,84 persen. Ini menjadi salah satu penentu naiknya pendapatan tahun 2016.

Baca Juga :  Tolong Awasi Pembangunan Puskesmas Teluksasah

Di samping karena kelebihan target Dana Bagi Hasil (DBH) pajak dan Bukan Pajak yang ditargetkan sekitar Rp 105,14 dan terealisasi sekitar Rp 128,8 miliar. Meski melebihi dari target yang dibebankan, sektor pendapatan perlu dikelola lebih baik.

Sehingga, jika terjadi fluktuasi penerimaan di DAU dan DBH, tidak membuat pembangunan di Kabupaten Bintan terpengaruh. Tapi, terdapat sisa anggaran yang diperkirakan melebihi Rp 40,940 miliar lebih.

DPRD tidak merasa bangga, atau menyayangkan adanya sisa anggaran tersebut. Padahal, masih banyak kegiatan pembangunan masyarakat yang harus dilaksanakan. Apalagi dengan kondisi daerah yang mengalami defisit.

Baca Juga :  PLN Pasok Listrik ke Empat Perusahaan

”Catatan strategis dan beberapa rekomendasi DPRD Bintan terhadap LKPj 2016 itu, sudah disampaikan pada saat paripurna, baru-baru ini,” kata Muttaqin Yaser, seorang anggota dewan Bintan, kemarin.

Sebelumnya, Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan, catatan strategis dan rekomendasi terhadap LKPj 2016 kepala daerah itu, akan menjadi perhatian ke depan.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here