DPRD Tolak Pemekaran Dapil Tanjungpinang

0
479
KETUA Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang Maskur Tilawahyu (baju biru) bersama anggota DPRD Tanjungpinang lainnya saat meninjau salah satu sekolah, baru-baru ini. F-martunas/tanjungpinang pos

Kirim Surat Keberatan ke KPU RI

TANJUNGPINANG – Rencana pemekaran daerah pemilihan (Dapil) di Tanjungpinang dari sebelumnya III Dapil menjadi IV atau V Dapil mendapat penolakan dari DPRD Kota Tanjungpinang.

Atas kesepakatan bersama, akhirnya DPRD Kota Tanjungpinang mengirimkan surat ke Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) tertanggal, 31 Januari 2018 yang ditandatangani Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Suparno.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tanjungpinang Pos, rata-rata anggota dewan yang duduk saat ini merasa belum saatnya pemekaran Dapil di Tanjungpinang.

”Salah satu penyebabnya karena data penduduk Tanjungpinang beda antara Disdukcapil dengan Kemendagri. Ada pengurangan penduduk yang cukup banyak,” ujar Maskur Tilawahyu, Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Selasa (6/2) kemarin.

Adapun surat DPRD Kota Tanjungpinang ke KPU RI yakni No.270.72/31/2.02/2018. Demikian isi suratnya, bahwa meneruskan hasil rapat Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang bersama KPU Kota Tanjungpinang perihal wacana yang berkembang tentang penataan Dapil di Kota Tanjungpinang dari III Dapil menjadi IV atau V Dapil, maka kami sampaikan sebagai berikut :
1. Bahwa tidak terjadi perubahan jumlah kursi di DPRD Kota Tanjungpinang pada Pemilu 2019 dan masih sama seperti jumlah kursi Pemilu 2014 yakitu 30 kursi.
2. Tidak terjadi perubahan jumlah penduduk yang sangat signifikan di DPRD Kota Tanjungpinang dari Pemilu 2014 ke Pemilu 2019.
3. Terjadi perbedaan jumlah penduduk yang sangat signifikan antara Pemko Tanjungpinang dengan pemerintah pusat (Kementerian Dalam Negeri) dimana menurut Pemko Tanjungpinang berjumlah 261.855 orang. Namun yang diakui Kementerian Dalam Negeri sampai saat ini hanya 207.963 orang.
4. Bahwa dengan III Dapil ini, pada saat pelaksanan Pemilu di Kota Tanjungpinang aman dan kondusif.

Adapun dua usulan perubahan Dapil di Kota Tanjungpinang yakni, dibagi menjadi IV Dapil atau V Dapil. Jika IV-V Dapil, maka ada pemecahan pada Dapil II Kecamatan Tanjungpinang Timur :
A. Dapil 1, terdiri dari Kecamatan Tanjungpinang Barat dan Kecamatan Kota (10 kursi).
B. Dapil II Kecamatan Tanjungpinang Timur 1 meliputi Kelurahan Melayu Kota Piring, Kelurahan Kampung Bulang dan Kelurahan Air Raja (5 kursi).
C. Dapil III meliputi Kecamatan Tanjungpinang Timur II meliputi Kelurahan Batu Sembilan, Kelurahan Pinang Kencana (7 kursi).
D. Dapil IV terdiri dari Kecamatan Bukit Bestari (8 kursi).
Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, sebelum rencana ini disampaikan ke KPU Kepri, maka pihaknya akan rapat bersama pengurus parpol, tokoh masyarakat, akademisi dan dinas terkait pemko Tanjungpinang. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here