DPRD Usulkan Cabang Dinas Kelautan

0
700
TIM Pansus Nelayan ketika sambangi kantor Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI di Jakarta membahas zonasi tangkap ikan untuk nelayan Anambas belum lama ini.F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas mayoritas bekerja sebagai nelayan, maka dari diperlukan pembentukan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Hal itu disampaikan oleh Panitia Khusus (Pansus) nelayan, dari DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, saat gelar koordinasi langsung dengan Gubernur Kepri.

Rocky Hasudungan Sinaga selaku Ketua Pansus mengatakan, percepatan pembentukan cabang dinas provinsi di Anambas diharapkan agar fungsi pengawasan lebih efektif serta lebih efisien. Sebab, saat ini kewenangan terkait kelautan dan perikanan adalah pihak Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Baca Juga :  Kuota CPNS Formasi Guru Terbanyak

”Kemarin, Pak Gubernur merespon positif usulan ini. Bahkan, beliau memerintahkan Kepala OPD- nya untuk segera menunjuk dan melantik cabang dinas. Bahkan bila perlu, pelantikannya di Anambas,” kata Rocky, kemarin.

Pansus yang terdiri dari sepuluh orang anggota DPRD ini, juga mengkoordinasikan kepada Gubernur Kepri untuk memperhatikan proses perizinan, pengawasan, penindakan sampai pencegahan kapal-kapal nelayan berbobot di atas 30 GT dari luar provinsi yang beroperasi di zona 12 mil dari pulau terluar Kabupaten Kepulauan Anambas.

Ia bersama tim Pansus menilai, perlunya dilakukan kajian terhadap penggunaan jaring lonceng agar penggunaan jaring tersebut memilik kepastian hukum serta memiliki legalitas untuk menghindari konflik horizontal. Sebab, nelayan-nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas masih tergolong tradisional yang pada saat ini masih kebingungan atas penggunaan jaring lonceng tersebut.

Baca Juga :  Bangunan Pasar Tak Sesuai Perencanaan

”Termasuk usulan untuk memperluas wilayah jalur penangkapan ikan tradisional 12 mil menjadi lebih kurang 30 mil, agar dapat meningkatkan pendapatan nelayan tradisional. Termasuk menjaga kelestarian ekosistem laut dan menjaga kearifan lokal, yang telah lama dipelihara oleh nenek moyang nelayan Anambas yang menangkap ikan dengan menggunakan pancing ulur,” ungkapnya.

Tujuan pertemuan dengan Gubernur untuk berkoordinasi serta konsultasi. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here