DPRD Usulkan Pemberhentian Arief

0
991
Hesti Gustrian

BINTAN – DPRD Kabupaten Bintan telah mengusulkan pemberhentian Arief Jumana, oknum anggota DPRD Bintan kepada Bupati Bintan, baru-baru ini. Surat usulan pemberhentian Arief Jumana itu ditandatangani oleh Ketua DPRD Bintan Lamen Sarihi, melalui surat nomor 170/DPRD-BINTAN/093, tertanggal 3 Juli 2017.

Arief Jumana diusulkan diberhentikan, setelah Fraksi PAN dan DPRD Bintan melakukan konsultasi dan telaah kajian hukum. Arief Jumana dinilai melanggar Pasal 112 Peraturan Pemerintah nomor 16/2010 pedoman penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD. Karena, oknum anggota dewan ini divonis kurungan penjara akibat mengonsumsi narkoba. Meski awalnya menjalani rehabilitasi, ia dihukum. Hal itu berdasarkan putusan Mahkamah Agung nomor 2323/K/Pid.Sus/2015 tertanggal 27 Juni 2016 atas kasasi dari Kejaksaan Negeri Tanjungpinang.

Baca Juga :  Kamis Depan, Ustaz Abdul Somad ke Bintan Lagi

Tidak hanya dari telaah hukum, Sekwan Bintan Edi Yusri sudah melakukan konsultasi tentang hak keuangan Arief Jumana, kepada BPK pusat, belum lama ini. Arief tidak menerima gaji, sejak ia menyerahkan diri ke Lapas Km 18 Kijang, belum lama ini.

Ketua Fraksi PAN DPRD Bintan Hesti Gustrian menyatakan, pihaknya sudah menerima surat usulan pemberhentian Arief Jumana, dari DPRD Bintan kepada Bupati Bintan itu. Surat tembusan itu, sudah disampaikan DPD PAN Kabupaten Bintan kepada pimpinan DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Tim Bola Voli Putra Melaju Ke Final

”Sampai sekarang belum ada putusan. Mengenai PAW untuk Pak Arief, itu kan kewenangan DPW. Makanya surat usulan pemberhentian dari DPRD Bintan itu, kami serahkan ke DPW,” kata Hesti, Kamis (13/7) kemarin. Menurut Hesti, PAN Bintan tetap taat aturan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika Arief Jumana harus diganti, PAN akan melakukan PAW.

”Kita tunggu lah keputusan dari DPW PAN Kepri,” ujarnya. Setelah pengusulan pemberhentian kepada bupati, selanjutnya DPRD Kabupaten Bintan akan menunggu jawaban dari Bupati Bintan H Apri Sujadi. Surat jawaban dari bupati selanjutnya diteruskan ke DPD PAN Bintan, untuk pengusulan nama PAW. Pada tahap berikutnya, DPRD Bintan kembali menyurati bupati dan KPU, untuk proses pengangkatan PAW.

Baca Juga :  Merehab Dua Gereja Habiskan Rp2,3 Miliar

Ketua KPU Bintan Wandra Fadillah saat dihubungi mengatakan, pihaknya baru menerima surat usulan pemberhentian Arief Jumana, dari DPRD Bintan kepada Bupati Bintan. KPU Bintan belum menerima surat pengusulan PAW. ”Untuk PAW itu, ada prosesnya. Kami baru terima surat tembusan mengenai usulan pemberhentian itu. Ada lagi proses lanjutannya,” tutur Wandra Fadillah.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here