Dragon Boat Race Internasional Siap Digelar Lagi

0
1027
BERLOMBA: Tim DBR saat berpacu kecepatan di Perairan Sungai Carang tahun lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemko Tanjungpinang kembali akan menggelar event International Dragon Boat Race (DBR) 2017. Rencananya akan digelar mulai 20-23 Oktober mendatang di perairan Sungai Carang. Event DBR ini masuk dalam rangkaian kegiatan Festival Bahari Kepri. Sedangkan Festival Bahari sendiri mulai di gelar 15 Oktober mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Reni Yusneli, kemarin. ”Insha Allah Dragon Boat Race Internasional akan kita gelar lagi. Sosialisasi terus kita gelar,” kata Reni Yusneli, kemarin.

Mantan Plt Sekdaprov Kepri ini menjelaskan DBR tetap dilaksanakan di perairan Sungai Carang. Selain ingin mengangkat kembali sejarah yang pernah terjadi Sungai Carang, pernah jadi jalur perdagangan internasional, perairan Sungai Carang cocok digelar DBR internasional karena perairanya tak bergelombang.

Baca Juga :  Jangan Paksa Warga Beli Bright Gas 5,5 Kilo

Kemudian, jalur pacunya cukup panjang. Lokasinya cukup indah. Penonton bisa nantinya mengunjungi tempat wisata Istana Kota Rebah dan Jembatan I Senggarang. ”Perairan Sungai Carang dijadikan lokasi DBR karena sesuai aturan PB Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia. Jalurnya sudah standar internasional,” bebernya.

Ia berharap, bagi tim DBR yang ada di Kepri dan luar Kepri untuk mempersiapkan diri. Nanti, panitia akan membuka pendaftaran peserta DBR. ”Kalau soal berapa besar total hadiahnya, kami sedang membahasnya,” tegasnya.

DBR tahun ini, Reni berharap agar peserta dari luar negeri semakin bertambah. Ingin, ada tim dari Singapura, Malaysia, Brunnai Darussalam dan negara lainnya. Ia juga minta, peserta dari provinsi lainnya, juga ikut berpartisipasi. ”Kita berharap PODSI di provinsi yang ada di Sumatera bisa mengirimkan atlet terbaiknya, untuk mengikuti DBR ini,” bebernya.

Baca Juga :  256 Narapidana Terima Remisi

Hanya sekedar informasi, adapun pemenang pada lomba Dragon Boat Race 2016 yaitu juara umum dari tim Navy DKI Jakarta. Tim ini berhak menerima hadiah sebesar Rp50 juta. Juara II diraih oleh tim Jambi dan mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp40 juta.

Juara III dimenangkan oleh tim Batang Hari Jambi yang berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp25 juta. Juara IV diraih oleh tim Kabupaten Siak Riau dan mendapat uang pembinaan sebesar Rp10 juta. Sedangkan untuk juara harapan I dari tim Hiu Perkasa Tanjungpinang dengan hadiah uang pembinaan sebesar Rp8 juta. Juara harapan II dari tim Tanjung Balai Karimun, dan berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp7 juta.

Baca Juga :  Alamak...Anak Beranak Terima RTLH

Juara harapan III diraih tim Rajawali Bintan dari Kabupaten Bintan dengan hadiah sebesar Rp6 juta dan harapan juara IV dari tim Inhil Jaya Tembilahan Riau, mendapatkan uang pembinaan sebasar Rp4 juta. (bas) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here