Drainase di Atas Bahu Jalan

0
617
DRAINASE : Posisi drainase yang dibangun di Jalan pemuda lebih tinggi dari bahu jalan. f-andri/tanjungpinang pos

Penanganan Banjir Jalan Pemuda Diragukan

Proyek pengendali banjir di Jalan Pemuda mulai diragukan pembangunnya. Drainase justru lebih tinggi dari bahu jalan. Proyek dengan anggaran Rp 7.999.165.000 ini akan selesai Desember 2017.

TANJUNGPINANG – Pantauan di lokasi, proyek yang bersumber dari dana APBN ini dikerjakan siang dan malam oleh PT Jaya Kencana Sarana selaku pemenang tender. Di lapangan, terlihat beberapa pekerja hingga alat berat merapikan drainase di depan ruko di Jalan Pemuda. ”Mudah-mudahan selesai tepat,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tanjungpinang, Hendri kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (28/9).

Ia mengatakan, drainase sengaja dibuat lebih tinggi dari bahu Jalan Pemuda. Dengan alasan, debit atau volume air yang mengalir cukup besar di drainase. Pihak Badan Wilayah Sungai (BWS) Wilayah Sumatera IV sudah memperhitungkan itu semua. Supaya air yang mengalir tidak lagi keluar dari drainase hingga menggenangi bahu Jalan Pamedan.

Kalau dulu, kondisi drainase tidak bisa menampung debit atau volume air yang mengalir deras. Sehingga membuat air yang mengalir di drainase meluap hingga menutupi bahu Jalan Pemuda. ”Mudah-mudahan nanti, air tidak lagi meluap hingga menutupi bahu Jalan Pemuda,” harap dia.

Rencananya, lanjut dia, ke depannya akses Jalan Pemuda akan diaspal. Pekerjaan pengaspalan di Jalan Pemuda masih melihat APBD tahun 2018 mendatang apa mencukupi atau tidak. ”Kalau ada anggarannya, kita aspal jalan itu. Kalau tidak, ya mau buat apa lagi,” sebut dia.

Dalam kesempatan ini, Tino, warga Sungai Jang, berharap ke depannya Jalan Pemuda tidak kembali banjir lagi seperti sebelumnya yang rutin terjadi banjir saat hujan turun.  Kalau sudah banjir, kata dia, membuat akses Jalan Pemuda macet hingga tidak berfungsi. Karena bahu jalan raya tertutup atau digenangi air hujan yang cukup lumayan tinggi. ”Ya, air hujan itu bisa membuat motor mati lah. Karena motor terendam air hujan saat melintasi di Jalan Pemuda,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here