Drainase Pemuda Selesai Bulan Ini

0
406
Proyek drainase: Proyek penanggulangan banjir Rp7,99 miliar di Jalan Pemuda diagendakan akan selesai akhir November 2017 mendatang. f-suhari/tanjungpinang pos

Proyek pembuatan draianse di Jalan Pemuda ditargetkan akan selesai pada Akhir November ini. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 95 persen. Proyek Pembangunan Pengendalian Banjir oleh Badan Wilayah Sungai Sumatera (BWS) IV ini menelan biaya Rp7,99 miliar.

TANJUNGPINANG – Menurut Joner Sinaga, pengawas proyek, pembangunan drainase itu sudah dimulai sejak 30 Januari lalu. Meski awalnya mesti selesai 240 hari kalender, namun karena adanya gangguan cuaca hingga sudah ada penambahan waktu.

Menurutnya, usulan penambahan waktu kerja itu, lantaran beberapa faktor. Diantarnya karena lokasi proyek yang berada di jalur atau area kerja masyarakat. Selain itu juga karena kurangnya koordinasi dengan pemilik lahan. Kondisi cuaca seperti hujan juga menambah waktu panjang pelaksanaan proyek dan diperparah dengan kondisi sampah yang menumpuk.

”Saat hujan, sampah juga banyak. Ini bukan karena drainasenya yang tidak mampu menampung air, namun karena rongga drainase yang sudah dipenuhi sampah hingga air meluap. Ini belum lagi kondisi hujan lebat yang bersamaan dengan air pasang yang membuat air hujan tidak bisa mengalir ke laut,” sebutnya. Dampaknya, proyek ini tidak bisa dikerjakan karena kondisinya sedang banjir.

Erwin Julianto, selaku superviser, proyek menjelaskan box culvert dan sistem drainase yang sebelah kanan dibuat dengan sistem saluran atau drainase terbuka. Sementara yang sebelah kiri atau yang berada di halaman deretan ruko dibuat dengan sistem tertutup.

”Jadi dibuat dua jenis. Sementara panjangnya dari depan apotek Sakinah sampai ke depan SMA 4 dan sebagian Jalan Arif Rahman Hakim hingga depan SMP Negeri 6,” sebutnya.

Setelah pembangunan selesai, sambung Erwin, pihaknya selaku pengerja proyek akan memasang tanda dilarang buang sampah agar lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan. ”Setelah selesai nanti juga kita akan menanam pohon di sekitar jalan, karena dulunya jalan pemuda ini asli ada pepohonan dan itu harus kami kembalikan seperti semula,” sebutnya.

Mengenai rencana penanaman pohon, sambungnya, pihaknya sudah koordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk jumlah pohon dan jenis pohon yang akan ditanam. Proyek yang dikerjakan oleh PT Jaya Cahaya Kencana ini diharapkan bisa mengatasi masalah banjir yang sudah bertahun-tahun dialami masyarakat.

Informasi lain yang dihimpun, pembangunan proyek ini dikerjakan oleh puluhan pekerja yang berasal dari beberapa daerah seperti dari Dabo Singkep. “Dulu dulu, kami dilarang berjualan, karena akan menganggu pengerjaan proyek,” ujar Darmi salah satu pedagang kue di ruko tempat pembangunan ini.

Dulu, sambung Rahmi, pemilik ruko sempat khawatir kalau ruko mereka akan rusak karena getaran mesin penegrjaan proyek. “Setelah ada pertemuan dengan pihak kelurahan, akhirnya pihak kontraktor memberi jaminan akan ada perbaik ruko, jika terjadi keretakan ruko akibat pembangunan drainase itu.(ronal – yoga – endang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here