Dua Hari Distribusi Air Bersih Macet

0
236
TEKNISI memperbaiki pipa yang pecah. f-ISTIMEWA

Sudah dua hari terakhir ini, ratusan pelanggan di sekitar Kecamatan Karimun dan Meral tidak menerima aliran distribusi air bersih yang dikelola oleh PDAM Tirta Kairmun.

KARIMUN – Hal ini disebabkan pipa utama yang ada di daerah tersebut pecah, sehingga distribusi air bersih mengalami kemacetan.

”Kami menemukan dua pipa transmisi satu di Kecamatan Karimun pecah. Tepatnya di Jalan Teluk Air,” ujar Direktur PDAM Tirta Karimun, Indra Santo kepada Tanjungpinang Pos.

Ia menuturkan, hal ini membuat distribusi ke pelanggan yang ada di Teluk Air sampai dengan Kota Balai tidak bisa dialirkan. Kemudian, sehari kemudian, pipa transmisi di Paya Rengas, Kecamatan Meral juga pecah.

Hal ini juga mengakibatkan kemacetan distribusi untuk Kota Meral dan sekitarnya.

Menurutnya, pecahnya dua pipa transmisi utama itu yang membuat aliran air ke ratusan warga tidak bisa lancar seperti biasanya.

Meski demikian, ia menjamin kerusakan itu tidak membuat aliran air menggangu pelanggan ke kawasan lain atauapun ke warga yang berada di sekitar Desa Pongkar dan sekitar Kecamatan Tebing.

’’Untuk penyebabnya pipa pecah belum dapat dipastikan. Yang jelas, kini pipa yang sudah lama itu tusak,” tuturnya.

Menurutnya, sebagian besar pipa pendistribusian air bersih ke pelanggan masih menggunakan pipa lama, yang usianya sudah lebih 15 tahun.

Ia menuturkan, ada beberapa kilometer pipa yang sudah diganti dengan pipa yang baru, namun memang masih banyak lagi yang harus diganti.

Tahun depan pihaknya akan mengganti pipa lama dengan pipa baru secara bertahap.

Disinggung tentang perbaikan, Indra menyebutkan, masih berlangsung. Pihaknya turun cepat ketika mengetahui ada pipa yang rusak.

”Hanya saja, karena kondisi pipa yang sudah lama tidak bisa begitu saja melakukan penyambungan. Melainkan, teknisi harus membeli gibol. Yakni, suatu alat untuk menyambung yang adanya di Batam. InsyaAllah untuk pipa transimisi satu di Teluk Air, Sabtu sudah selesai dan air sudah bisa kita distribusikan,” ungkapnya.

Termasuk juga untuk pipa transmisi dua di Paya Rengas akan sedang kerjakan dengan cepat, agar bisa mengalir. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here