Dua Hari Lagi, Gaji ke-13 Dibayarkan

0
62
PARA ASN yang sedang berbaris saat apel pagi. f-NET

BATAM – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemko Batam, akan menerima gaji ke-13 sekitar dua atau tiga hari kedepan. Pendanaannya, dari APBN untuk gaji pokok, dan dari APBD untuk tunjangan kinerja (Tukin) atau tunjangan kinerja daerah (TKD). Berdasarkan total dana yang diperlukan untuk THR PNS di lingkungan Pemko Batam beberapa waktu lalu, sekitar Rp31 miliar, maka untuk TKD juga disipakan dengan nilai yang sama.

Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan, Senin (2/7), tunjungan yang akan dibayarkan dan diterima pegawai Pemko dalam dua hari lagi. ”Dibayarkan dalam dua hari lagi. Kalau dari komponen gaji tidak ada masalah. (Komponen) gaji ke-13 juga dari pusat. Tukin yang komponennya dari kita,” kata Rudi.

Walau tidak ada masalah soal ketersediaan pembayaran tunjangan yang harus disiapkan untuk memenuhi gaji ke-13 itu, namun diakui berdampaknya adanya penundaan beberapa program. PNS diminta untuk tidak khawatir soal gaji ke-13 dan diupayakan tidak ada penundaan. ”Kalau bisa jangan ditunda. Makanya hari ini akan kita putuskan, mana dikurangi dan atau mana dihapus,” beber Rudi.

Gaji ke-13 sendiri diatur pada PP Nomor 18 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun Atau Tunjangan. Tunjangan diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni.

Tunjangan itu meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja. Sementara untuk penerima pensiun meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan. Besaran penghasilan sebagaimana dimaksud, tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain berdasarkan peraturan perundang-undangan. Selain itu, penghasilan sebagaimana dimaksud dikenakan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan ditanggung pemerintah. Pemberian penghasilan ke-13 sebagaimana dimak Juli ini. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here