Dua Hektare Kebun Warga Terkabar

0
537
PERSONEL Satpol PP saat berusaha memadamkan api di kebun masyarakat yang terbakar di Tanjung Sawang, Kecamatan Singkep Pesisir.F-ISTIMEWA

LINGGA – Perkebunan milik masyarakat seluas dua Hektare (Ha) di Tanjung Sawang, Kecamatan Singkep Pesisir terbakar, Selasa (30/1).

Kebakaran yang berawal kelalaian pemilik kebun, yang membakar tumbuhan semak nyaris menjalar ke kebun karet milik warga linnya di sebelah lahan tersebut.

Untungnya, petugas pemadam kebakaran dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bergerak cepat hingga api tidak sampai menjalar ke kebun lainnya.

”Ini pelajaran bagi warga untuk tidak membakar semak untuk membuka lahan sembarangan. Saat ini musim panas, apabila melakukan pembakaran untuk kebutuhan apa saja harus diawasi,” kata Febrizal Taufik, Kabid Penegak Perda Satpol PP Kabupaten Lingga, usai membantu pemadaman api di kebun tersebut.

Baca Juga :  Awe Tawarkan Air ke BP Batam

Febrizal mengungkapkan, begitu mendapat laporan ada kejadian kebakaran di kebun tersebut. Sehingga, pihaknya langsung bergerak ke lokasi kebakran yang berjarak sekita 20 Km. Dengan sigap, para petugas melakukan penyemprotan ke titik api agar kebakaran tidak meluas.

”Untungnya angin tidak bertiup kencang, hingga petugas bisa mengendalikan api dengan cepat,” sebutnya.

Ia berharap, kejadian kebakaran ini menjadi pelajaran bagi warga untuk berhati-hati dan tidak melakukan pembakaran baik sampah atau membuka lahan perkebunan.

”Tidak hanya bisa meninbulkan kebakaran, pembakaran juga bisa menimbulkan polusi udara yang mengganggu kesehatan,” imbuhnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here