Dua KRI Diproduksi di Batam

0
710
Peresmian KRI: Kasal saat meresmikan dua kapal perang untuk patroli, Kamis (30/3). f-martua/tanjungpinang pos

Batam – Pengamanan wilayah komando armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) diperkuat TNI Angkatan Laut (AL) RI. Memperkuat pengamanan dilakukan melalui dua kapal produksi Batam, yang diberi nama, KRI Torani-860 dan KRI Lepu-861, untuk perairan Selat Malaka.

Menurut Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi saat meresmikan kapal itu, Kamis (30/3) di Batam, kapal itu dibuat PT Karimun Anugerah Sejati Batam, sebagai kapal cepat.

”Ini kapal pemburu yang bisa melaju hingga 24 knot. Dimana 1,6 kilometer (km) per jam. Kecepatan jelajah, 15 knot,” katanya.

Kehadiran kapal ini disebut sebagai bukti, industri pertahanan Indonesia, punya kemampuan. Dimana, kemampuan anak Indonesia bisa mendukung program pemerintah dalam dalam membangun kemandiriann nasional bidang teknologi pengembangan alutsista.

”Kalaupun ini diperuntukkan di Selat Malaka, tidak menutup kemungkinan bisa dua hari patroli ke Aceh atau daerah lainnya,” kata Ade.

Dijelaskan, kapal ini dilengkapi senjata caliber 20 mm pada haluan dan pucuk senapan mesin beret (SMB) kaliber 127 mm pada buritan. Kedua kapal tersebut masuk dalam keIas PC 40 yang mempunyai panjang keseluruhan 45, 5 meter, lebar 7, 9 meter.

”Kapasitas bahan bakar daIam sekaIi jaIan memerlukan 70.000 liter untuk berlayar 6 hari,” bebernya.

Selain itu, dapur pacu kapal ini disokong dua buah mesin diesel MTU yang masing masing berkekuatan 2480HP. Dengan penambahan kapal patroli ini, akan lebih memberikan keamanan dan kenyamanan yang maksimal di wilayah perairan NKRI.

”Sehingga orang mau berusaha, nyaman. Bisa membantu memberantas berbagai penyelundupan, selain menjaga kedaulatan NKRI,” harapnya.

Ditegaskan, sebagai wilayah maritim, TNI memiliki peran dan tanggungjawab mengamankan wilayah perairan Indonesia dari berbagai ancaman. Terlebih Selat Malaka merupakan jalur lalu lintas kapal-kapal asing yang yang sewaktu-waktu dapat menimbulkan ancaman.

”Kedua kapal patroli TNI AL ini terbilang canggih. Kapal patroli ini juga sudah dilengkapi mision management sistem,” bebernya.

Sementara Direktur Operasional PT Karimun Anugerah Sejati Batam, Frangky mengatakan, kedua KRI yang diproduksi, merupakan kapal patroli tercepat TNI AL yang pernah diproduksi perusahaannya.

”Ini kapal patroli tercepat yang kami buat,” urai Franky.(Martua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here