Dua Nama Paslon Mencuat

0
412

Jelang Pemilihan Gubernur Kepri 2020

Riak-riak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri tahun 2020 juga sudah terdengar.

TANJUNGPINANG – Meski pelaksanaan pemilu 2019 belum hilang di benak masyarakat, namun perbincangan mengenai dunia politik seolah-olah tidak ada habisnya terlebih di Kepri waktu dekat juga akan menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020.

Pada pilkada tahun 2020 di Kepri akan diikuti 7 daerah antara lain, Pemilihan Gubernur Kepri, pemilihan Bupati Bintan, Bupati Anambas, Bupati Natuna, Bupati Karimun, Bupati Lingga dan pemilihan Walikota Batam.

Untuk meramaikan kontestasi politik tersebut sejumlah nama tokoh baik dari kalangan kader partai politik maupun masyarakat sipil mulai bermunculan di tengah masyarakat dan seakan-akan sudah menjadi buah bibir termasuk di warung kopi.

Untuk pemilihan Gubernur Kerpi, selain bakal calon petahana, H Nurdin Basirun juga kader partai NasDem juga terdapat bakal calon lain muncul seperti, HM Soerya Respationo, mantan Wakil Gubernur Kepri juga sebagai Ketua DPD PDIP Provinsi Kepri.

Bahkan isu berkembang ditengah masyarakat, HM Soerya Respationo bakal berpasangan dengan HM Rudi, saat ini menjabat Walikota Batam.

Tokoh lainnya, yakni petahan H Nurdin Basirun, digadang-gadang bakal berpasangan dengan H Ansar Ahmad, mantan Bupati Bintan, saat ini lolos jadi anggota DPR RI daerah pemilihan provinsi Kepri pada pemilu lalu. Ansar juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Provinsi Kepri.

Bahkan tim Nurdin dan tim Ansar Ahmad sudah bertemu, membahas soal tersebut. Bila dua calon ini benar-benar head to head di Pilgub nanti, maka terjadi ”perang bintang”.

Menurut Pengamat Politik Provinsi Kepri Endri Sanopaka, bila terjadi head to head HM Soerya dengan H Nurdin Basirun di Pilgub Kepri mendatang, maka terjadi ”perang bintang”. HM Soerya memiliki pengalaman memimpin Kepri, pernah jadi Wakil Gubernur Kepri. Memiliki basis massa yang cukup besar dan tidak bisa diremehkan, dibuktikan dengan keberhasilan PDIP kembali memimpin DPRD Provinsi Kepri, DPRD Batam dan DPRD Kota Batam. Dan, menempatkan kadernya jadi Wakil Ketua DPRD Karimun dan Anambas. Tak hanya itu, meloloskan kadernya jadi anggota DPR RI.

Begitu juga dengan HM Nurdin Basirun, petana juga Ketua DPD Partai NasDem Kepri, di pemilu 2019 ini, mampu menempatikan kadernya menjadi unsur pimpinan DPRD Provinsi Kepri. ”Kalau Pak Soerya-Pak Rudi berpasangan dan Pak Nurdin-Ansar berpasangan, maka pilgub Kepri bakal seru. Mereka adalah putra terbaik Kepri, memiliki pengalaman membangun Kepri lebih baik lagi,” kata Endri Sanopaka.

Ia melihat, peta politik di Pilgub tahun depan,bakal seru dibandingkan pilgub 2014 lalu. Pertama, sambung dia nama Ansar Ahmad dan Rudi, memiliki nama di tengah masyarakat Kepri cukup baik. Ansar Ahmad saat menjadi Bupati Bintan, berhasil membangun Bintan. Begitu juga Rudi, sebagai Walikota sudah banyak melakukan perubahan cukup signifikan di Batam.

”Kita juga mengharapkan parpol yang memiliki kursi, baiknya juga mengusung calon lainnya, supaya masyarakat memiliki banyak calon,” ujarnya. (ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here