Dua Pencuri Motor Vespa Ditangkap

0
357
EKSPOSE: AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro saat mempublikasikan pelaku pencurian motor vespa. F-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Warga Tanjungpinang harus waspada, terutama memakirkan kendaraan roda dua atau empat di rumah. Pencurian sepeda motor dengan cara memasuki perkarangan rumah warga, kembali marak. Jajaran Reskrim Polsek Bukit Bestari berhasil membekuk dua pelaku pencuri sepeda motor. Keduanya, berinisial ER dan AKS. Dari tangan tersangka, polisi mengamankan satu unit sepeda motor Vespa Excel.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro mengatakan, penangkapan kedua tersangka berdasarkan laporan dari korban. Ia mendatangi kantor polisi, melaporkan telah kehilangan sepeda motor di Jalan Hutan Lindung. Kata Kapolres, modus yang dilakukan tersangka dengan cara memasuki perkarangan rumah di malam. Pelaku mengcongkel kontak motor Dengan obeng dan membawa kabur kendaraan.”Saat beraksi kedua tersangka ini menggunakan obeng untuk mencokel kunci motor. Kejadian pencurian terjadi pada saat bulan puasa lalu,” katanya Jumat (21/7).

Kapolres menyebutkan, sebelum kehilangan korban memarkirkan kendaraanya di depan rumah dalam keadaan kunci stan. Setelah sahur sekitar pukul 04.00 korban melihar kendaraan sudah tidak ada di halaman rumah. ”Mendapat laporan dari korban, tim Opsnal Reskrim Polsek Bukit Bestari melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan kedua tersangka,” sebutnya.

Kapolres menjelaskan, dari pengakuan kedua tersangka melakukan pencuri untuk kebutuhan ekonomi. Untuk tersangka ER yang masih berumur 14 tahun sehingga ada penanganan khusus tidak bisa dilakukan penahanan. Sementara AKS masih ditahan di Polsek Bukit Bestari, tersangka dijerat dengan pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.

”Proses penyedilidikan dan pemberkasan akan segera dikirim ke Jaksaan untuk tahap satu,” ungkapnya. Ardiyanto mengimbau kepada masyarakat, untuk menambah pengamanan kunci dengan menggunakan gembok dipasang di jari-jari roda. Memastikan motor yang ditinggalkan dalam keadaan terkunci. Karena biasanya pelaku pencurian memanfaatkan kelalaian pemilik motor saat melakukan aksinya. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here