Dua Prodi Stikes Telah Berakreditasi B

0
1890
BELADIRI: Mahasiswa Stikes Hang Tuah, setelah berlatih olahraga beladiri pencak silat di Halaman lapangan kampus belum lama ini. F-ISTIMEWA/STIKES

Tanjungpinang – PROGRAM profesi keperawatan (Ners) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hang Tuah telah memperoleh berakreditasi B.

Sebelumnya program Ners yang merupakan lanjutan program studi (Prodi) Keperawatan S1 itu berakreditasi C.

Perolehan akreditasi itu disampaikan Nur Meity SA SKep Ns, Wakil Direktur I kampus Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, Selasa (14/2).

”Proses peningkatan akreditasi dilakukan sejak 2012 silam, baik itu prodi keperawatan S1 dan Ners,” ujar Nur Meity.

Walau proses perubahan akreditasi hanya memakan waktu 6 bulan, menurutnya, proses penilaian di lapangan (visitasi) untuk validasi prodi oleh Lembaga Akreditasi Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) tetap melalui tahapan.

Nur Meity mengaku senang dengan perolehan akreditasi itu, dan ia juga mengatakan tidak hanya prodi Ners saja. Tetapi prodi keperawatan jenjang S1, juga memperoleh akreditasi yang sama.

”Hanya prodi keperawatan jenjang Diploma III (D-III) yang berakreditasi C, dan saat ini sedang menunggu hasil saja untuk memperoleh B,” jelasnya.

Kini, tenaga pengajar Stikes Hang Tuah telah berkualifikasi jenjang S2. Hal itu dikatakannya, sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (disingkat Kemenristekdikti).

 

Untuk itu, dengan tenaga pengajar berstandar S2 serta Doktor, lulusan program profesi keperawatan mulai jenjang D-III, S1 hingga prodi profesi Ners berstandar kinerja yang telah ditentukan.

”Perolehan akreditasi B tentunya membantu pemerintah, untuk menyiapkan tenaga perawat yang telah memenuhi persyaratan seperti perawat Ners,” ungkapnya.

Sehingga dapat membantu kenaikan pangkat, jika perawat tersebut telah berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan bekerja di Rumah Sakit milik pemerintah,” ungkapnya.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here