Dua Provider Masih Atasi Gangguan

0
68
WARGA Kecamatan Jemaja yang memanfaatkan Wifi Nusantara di sekolah dalam melakukan komunikasi. F-ISTIMEWA

Pihak Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kepulauan Anambas Jeprizal menegaskan, hilangnya sinyal komunikasi dua provider bukan terkait pencurian kabel melainkan beberapa alat pada rower rusak.

ANAMBAS – Akibatnya, dalam kurun waktu satu minggu pada bulan Juni 2018 sinyal milik provider Telkomsel hilang. Untuk itu, masyarakat tidak mengakses jaringan 2G, 3G maupun 4G.

Kini kedua provider, tengah bekerja untuk mengembalikan sinyal seperti semula. Warga pun akhirnya beralih ke provider Indosat, namun hanya berselang empat hari juga mengalami gangguan dan sama seperti Telkomsel.

Sebab, kedua provider tersebut kini masih melayani Kabupaten Kepulauan Anambas. Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kepulauan Anambas Jeprizal mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan ke pihak provider melalui telepon seluler atas kejadian yang dialami masyarakat Jemaja.

Adanya dugaan pencurian kabel di bawah laut yang belum lama ini terjadi, Jeprizal menegaskan, jaringan kedua provider hilang tidak ada hubungannya dengan kejadian pencurian kabel di bawah laut. ”Hilangnya sinyal kedua provider itu, diakibatkan adanya alat yang rusak pada tower di Kecamatan Jemaja. Jadi alat itu terbakar, dan pihak provider sedang berupaya mengganti alat tersebut,” terang Jeprizal.

Ia juga sudah mendapat keluhan dari sejumlah masyarakat di sana, dan mendesak agar dapat segera mengaktifkan kembali sinyal milik Telkomsel tersebut.

Keluhan itu telah sampaikannya kepada pihak provider, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat tim dari Telkomsel akan turun ke lokasi. Oleh sebab itu, sinyal yang ada hilang dan pihak Telkomsel akan segera membawa alat yang rusak itu dan segera memperbaikinya.

Ia juga berharap kepada masyarakat agar dapat lebih bersabar, pada prinsipnya Pemerintah Daerah melalui Dinas Kominfo Anambas terus berupaya melakukan pelayanan secara maksimal dan sudah tentu dibantu dengan kerjasama yang baik dengan pihak ketika pastinya.

”Empat hari yang lalu kami beralih ke provider milik Indosat ketika sinyal Telkomsel hilang, tapi belakangan ini Indosat tidak berfungsi lagi. Kami harapkan dari pihak provider segera menyelesaikan persoalannya,” ungkap Gusdi Munandar, warga Jemaja, Jumat (29/6).

Diakuinya, saat ini sejumlah warga Jemaja hanya bisa memanfaatkan wifi Nusantara yang ada di setiap sekolah dan di kantor desa. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here