Dua Ulama Besar Dihadirkan

0
234
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun bersalaman dengan Ustaz Abdul Somad saat menghadiri tabligh akbar di Tanjungpinang, belum lama ini. f-istimewa/humas pemprov kepri

21 Agustus, Takbir Akbar Kemilau Batam

BATAM – Dua ulama besar Indonesia akan hadir dalam Tabligh Akbar Kemilau Muharram 1440 H Tingkat Kota Batam. Kedua ulama itu, Ustaz Abdul Somad dan Habib Syech Abdul Qodir Assegaf.

Dimana, kegiatan yang akan berlangsung, 21 Agustus 2018 mendatang itu, akan dilaksanakan di Jalan Raja Haji Fisabilillah depan Edukits Batam Centre.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Batam, Riama Manurung mengatakan, lokasi ini diperkirakan dapat menampung hingga 70.000 orang.

Sementara ulama itu, disebut jika Habib Syech Abdul Qodir Assegaf akan tampil bershalawat dengan diiringi kelompok hadroh. Setelah itu dilanjutkan ceramah agama oleh Ustaz Abdul Somad.

”Agar seluruh masyarakat yang ada di lokasi dapat dengan jelas mendengar ceramah, panitia memasang enam layar besar di sisi kiri dan kanan panggung utama,” katanya.

Panitia juga telah menyiapkan area tempat salat di lokasi acara. Karena diperkirakan masyarakat mulai hadir sebelum Maghrib. Sehingga warga bisa menunaikan Salat Maghrib di lokasi. Disiapkan juga arah kiblatnya dan mengecek ke lokasi. ”Untuk wudhu kita sudah minta Dinas Lingkungan Hidup untuk menyiapkan mobil air bersih. Wudhu antara laki-laki dan perempuan kita siapkan terpisah,” ujarnya.

Disebutkannya, masyarakat yang melintas di Jalan Raja Haji Fisabilillah juga bisa menyaksikan karena panitia akan memasang layar di depan Oxley. ”Kita ingin acara ini benar-benar ramai maka kita buat berbeda dengan tampilan sebelumnya,” kata Riama.

Peringatan tahun baru Islam ini tak hanya selesai dengan tabligh akbar. Ada rangkaian kegiatan lainnya. Yakni doa akhir dan awal tahun serta pawai ta’ruf pada September mendatang.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengundang seluruh masyarakat khususnya umat muslim Kota Batam untuk menghadiri kegiatan yang digelar Pemko Batam ini.

Kepada tokoh agama yang ikut dalam rapat, Amsakar berpesan agar menginformasikan tentang acara ini ke masyarakat pada setiap kesempatan pertemuan. ”Tiap OPD yang telah diberi tugas agar dapat berkoordinasi dan menjalankan tugas serta tanggungjawab masing-masing sehingga acara berjalan lancar. Seperti Dishub bertanggungjawab mengatur parkir dan Satpol PP bertanggungjawab untuk menjaga keamanan berkoordinasi dengan TNI/Polri,” kata Amsakar.

Undangan yang sama disampaikan Walikota Batam, Muhammad Rudi. Kepada umat muslim yang akan hadir di Tabligh Akbar, Rudi mengajak untuk menyeragamkan pakaian dengan nuansa putih. ”Ayo kita ramaikan. Dan seluruh yang hadir menggunakan pakaian putih-putih. Sama-sama kita ramaikan,” katanya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here