Dubes Indonesia di China Bawa Investor ke Batam

0
139
Dubes RI untuk China membawa investor berkunjung ke Kantor BP Batam.

BATAM – Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun, mengunjungi Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, dengan membawa calon investor.

Bergerak dibidang e-comerce, energi, properti dan lainnya. Saat ini, pengusaha itu sudah memiliki usaha di beberapa daerah di Indonesia.

Djauhari Oratmangun didampingi Kepala BP Batam Edy Putra Irawadi, Selasa (6/8), mengungkapkan calon investor yang di bawa itu melakukan penjajakan. Diharapkan, mereka akan tertarik menanamkan modal di Batam, sesuai dengan prospek yang dinilai tepat.

“Mereka tertarik untuk investasi kelistrikan, infrastruktur, ekonomi digital atau e-comerce dan energi,” kata Djauhari.

Disebutkan, perusahaan China saat ini sedang naik daun dibidang ecomerce. Diharapkan, perusahaan itu akan membangun perusahaan dibidang yang sama di Batam. Dinilai, tenaga kerja di Batam, mumpuni untuk mengisi jabatan diperusahaan itu kelak.

“Mereka sedang loading dibidang e-comerce. Kita harap mereka masuk untuk itu. Kita juga tidak kekurangan SDM dan di Batam sangat luar biasa,” nilainya.

Djauhari menuturkan, sengaja membawa calon investor itu ke Batam karena merasa berutang dengan Edy.
Sebelumnya bersama tim BP Batam telah berkunjung ke China dan berkunjung ke Beijing. Saat itu, meminta agar Djauhari membawa calon investor ke Batam.

“Saya merasa berutang, karena bulan lalu, pak Edy ke China, termaksud ke Beijing dan saya janji akan bawa investor. Kebetulan ini sudah invest dibeberapa daerah di indonesia. Jadi mereka kita bawa kesini dan mereka melihat disini potensi besar,” beber dia.

Diharapkan, hasil kunjungan ke Batam hari itu akan berlanjut dengan realisasi investasi ke depan. “Mereka sekarang mengesplor potensi di sini. Mereka paham, menawarkan dan respon sangat baik. Mudah-mudahan mereka berjodoh dan feeling saya, mereka berjodoh untuk Batam,” harapnya.

Terutama, saat ini hubungan antara Indonesia dan China bagus. “Hubungan negara kita sedang baik dan investasi China di Indonesia saat ini 73 miliar Dolar AS dan terbesar. Wisatawan Cina juga bersama Hongkong terbesar ke dua saat ini, di bawah Singapura,” harapnya.

Kepala BP Batam, Edy mengatakan, Batam merupakan andalan investasi Indonesia. Dimana, Presiden RI Joko Widodo menjadikan Batam sebagai salah satu andalan Indonesia menghadapi perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

“Presiden menegaskan, Batam menjadi salah satu andalan dalam dinamika ekonomi dan politik global,” katanya.

Sehingga dinilai tidak salah jika Dubes RI untuk China membawa tim calon investor ke Batam. Hal itu juga dinilai sesuai dengan ketertarikan calon investor merealisasikan investasi di Batam. “Mereka bukan hanya tertarik investasi di satu bidang. Tapi beberapa bidang,” imbuh Edy. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here