Duh, Harga Ayam Potong Tembus Rp45 Ribu Per Kg

0
30
Pedagang ayam potong saat melayani pembeli, kemarin. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Tanjugnpinang terus melambung tinggi. Daging ayam kini di jual dengan harga Rp 45 ribu perkilonya. Naiknya harga daging ayam dipicu akibat pasokan dari distributornya terus naik serta stok berkurang. Bahkan kenaikan mencapai Rp45 ribu per kilo yang pertama kalinya terjadi di Kota Tanjungpinang. Padahal, harga normalnya Rp38 per kilo. Bahkan paling tinggi Rp42 ribu per kilo.

”Sudah sepekan harga ayam potong naik,” kata Likan, salah satu penjual ayam potong Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (2/12).

Kata dia, penyebab harga naik karena stok menipis. Ayam yang berada di kandang para peternak masih ukuran kecil-kecil. Belum cukup umur untuk dijual di pasar. ”Belum layak di konsumsi. Belum cukup umur (ayam, red),” ucap dia.

Harga ayam potong Rp45 ribu per kilo, kata Likan, baru pertama kali terjadi di Kota Tanjungpinang. Biasanya, harga tertinggi ayam potong hanya mencapai Rp42 ribu per kilo. ”Pemecah rekor. Harga ayam sekarang ini. Bukan pedagang untung bahkan rugi karena pembeli sepi,” terang dia.

Ke depan, ia tidak bisa memastikan bahwa harga ayam tetap Rp45 ribu per kilo, atau akan kembali naik lagi. Karena harga tergantung dari stok ayam potong. Ditambah lagi akan ada perayaan agama, dan jelang tahun baru.

”Ini saja, ayam potong yang kita jual dari Batam. Di Tanjungpinang dan Bintan sudah tidak ada stok ayam,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here