Duit Tilang Setor Kemana?

0
898
Polisi saat menggelar razia kendaraan beberapa waktu lalu.f-dokumen/tanjungpinang pos

Yth Ketua Pengadilan Tg. Pinang. Mohon Bapak Jelas kan kepada kami, tata cara pengurusan surat tilang, dan bayar nya dimana? Karena dua kali saya datang ke Pengadilan dgn 2 (dua) kasus yg berbeda waktu yg berbeda. Pertama kasus. SIM sepeda motor. kena bayar Rp.70.ribu tanpa tanda terima. Ke dua, Jumat.23 sept 2016. kasus yg berbonceng tidak pakai helm. kena Rp75 ribu mohon jawaban..
+6282112936871

Berkas Tilangnya Kemana?
Bapak Kasat Lantas TPI yang terhormat. Saya mau bertanya kenapa surat tilang sayang di main-mainkan oleh anggota bapak. Saya ditilang karena yang di gonceng tidak pake helm disuruh sidang hari kamis, tapi di pengadilan berkasnya tidak ada. Saya cari lagi anggota bapak di kantornya alasannya surat tilang belum di tandatangani oleh komandannya dan di minta kami bayar di kantornya Rp 150 ribu. Kami minta berkasnya dikirimkan saja ke pengadilan
081374229750

TANGGAPAN:
Kita terus mengimbau agar pengendara tetap tertib berlalu lintas untuk kenyamanan dan keamanan berkendaraan. Polres Juga sudah beberapa kali menggelar pembagian helm gratis khususnya ke pengendara sepeda motor. Tujuannya, agar tergugah niat pengendara untuk mematuhi aturan lalu lintas demi menjaga keselamatan mereka maupun pengguna jalan lainnya.

Baca Juga :  Elpiji 3 Kg Nyasar ke Pedagang

Petugas Satlantas itu pengemban Undang-Undang untuk menciptakan dan menegakkan Kamtibcar Lantas. Jadilah pelopor keselamatan dalam Lalu Lintas Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan serta Keselamatan untuk Kemanusian.

Kita berupaya menerapkan E-Tilang untuk sanksi pelanggaran aturan berlalu lintas. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tanjungpinang mulai menerapkan sistem tilang elektronik (e-tilang) di wilayah Tanjungpinang. Sistem e-Tilang ini sudah diresmikan oleh Kakorlantas Mabes Polri di seluruh kawasan Indonesia pada Jumat 16 Desember 2016 silam. Kita akan upayakan untuk diterapkan di Kota Tanjungpinang juga.

Baca Juga :  Ayo Percantik Ibukota

Kita akan meminta Pengadilan Negeri Tanjungpinang untuk menetapkan table denda e-tilang. Kita juga mengucapkan terima kasih kepada pengendara dan pengguna jalan lainnya yang telah tertib berlalu lintas.

Alhamdulillah, para hakim di Pengadilan Negeri Tanjungpinang telah menyetujui tarif tilang yang kita serahkan..

Dalam penerapan e-tilang, polisi memerlukan waktu untuk melakukan pelatihan pada personel di lapangan. Di antaranya melakukan uji coba pada aplikasi hingga e-tilang siap diterapkan kepada masyarakat. Pelatihan sudah pernah kita lakukan.

Untuk nominal denda tilang atau table denda tilang, masih menunggu surat resmi dari pihak Pengadilan Negeri Tanjungpinang. Sedangkan, untuk sistem aplikasi sudah ada dan akun anggota sudah didaftarkan pada aplikasi e-tilang.

Baca Juga :  Semoga Memerhatikan Nasib Guru

Tujuan e-tilang ini untuk mencegah para petugas agar tidak terjerat dalam kasus pungli. Karena sistemnya e-tilang ini tidak berhubungan langsung dengan anggota di lapangan. Aplikasi tersebut petugas yang menjumpai pelanggar akan mencatat indentitas, jenis pelanggaran dan besaran denda.

Kemudian, di-input data dan dikirim ke server Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pihak Bank akan mengirimkan pesan singkat (SMS) ke pelanggar, termasuk nominal denda tilang yang harus dibayarkan melalui rekening BRI. ”Setelah membayar pelanggar cukup menujukan bukti pembayaran kepada petugas kami,” ujarnya. (ray)

AKP Krisna Ramadhani
Kasat Lantas Polres Tanjungpinang

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here