Dukung Roro, Infrastruktur Jalan Disiapkan

0
121
BUPATI Karimun Aunur Rafiq dan Wabup Anwar Hasyim kendalikan kemudi kapal KMP Kakap pertanda pelayaran perdana setiap hari dari Karimun ke Pulau Kundur, Jumat (5/4) kemarin. f-alrion/tanjungpinang pos
Untuk mendukung pelayaran setiap hari kapal Roro Pulau Karimun-Kundur, pemerintah menyiapkan infrastruktur jalan yang memadai untuk transportasi darat di Pulau Kundur dengan aspal hotmix yang layak sejak tahun 2018.

KARIMUN – ”Sudah lama infrastruktur jalan disiapkan untuk menjadikan Pulau Kundur jadi daerah tujuan logistik baru di Kabupaten Karimun. Mulai dari menyiapkan pelabuhan roro, bangunan pelabuhan lengkap dengan fasilitas lengkap,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Terbaru, jalan Simpang Kempas-Perayun telah dibangun. Untuk penyelesaian jalan masuk pelabuhan dan pelebaran kelak dilakukan, Pemerintah Provinsi Kepri atau melalui dana APBN yang telah diusulkan melalui Musrenbang Provinsi Kepri.

”Infrastruktur jauh lebih siap di Karimun, bila dibandingkan dengan Pulau Rupat. Atas dasar tersebut, penambahan unit kapal penyebrangan antar pulau dilakukan. Menambah 3 unit kapal yang sebelumnya telah beroperasi yaitu KMP Lome dan Kundur untuk Pulau Karimun-Tanjungpinang, KMP Senangin untuk Karimun-Buton,” kata GM ASDP Batam, Media S pada. Jumat (5/4) lalu.

Jadwal penyebrangan dari Pulau Karimun ke Pulau Kundur berangkat pada pagi hari. Kemudian, Pulau Kundur ke Karimun pada sore hari dengan lama pelayaran selama 1 jam.

Jadwal pelayaran akan ditambah, setelah melihat arus keberangkatan dan jumlah kendaraan yang berangkat setiap harinya.

Jika jumlahnya memadai, tidak menutup kemungkinan menambah jadwal pelayaran 2 kali sehari pelayaran.

Jumat (5/4) kemarin, kapal penyeberangan antar pulau yakni kapal Roro KMP Kakap resmi beroperasi melayani pelayaran Parit Rempak menuju Selat Beliah, Kundur dengan jadwal pelayaran setiap hari.

Pelayaran perdana itu, Rafiq turut menghadiri beserta wakilnya Anwar Hasyim dengan mengemudikan kapal KMP Kakap dianjungan.

Rafiq berharap penuh pada pihak ASDP, untuk menambah jumlah kapal penyebrangan antar Pulau Karimun dengan Pulau Kundur. Harapnya itu, guna mendukung kemudahan transportasi laut.

”Sebagai pusat logistik atau tempat tujuan sektor jasa. Diperlukan kapal untuk mengangkut transportasi darat, untuk kemudahan akses transportasi. Dari Pulau Kundur sampai Buton, Siak,” tutup Rafiq, di sela-sela sambutannya.

Pelayaran setiap hari kapal Roro dalam rangka menyambung transportasi antar pulau Karimun dengan Pulau Kundur.

Dimana selama ini, pelayaran dilakukan ditentukan setiap minggu. Rafiq juga menyampaikan sebelumnya, untuk jadwal keberangkatan dari Karimun akan berangkat pagi hari dari Pulau Kundur setiap sore.

Atau diatur sesuai dengan kondisi pelayaran, dan permintaan pengguna jasa laut. Dengan ini, akan semakin menunjang pertumbuhan ekonomi di Kundur. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here