Dukungan Paslu Ditemukan

0
99
Suasana verifikasi dokumen dukungan balon anggota DPD RI Dapil Kepri di Kantor KPU Provinsi kepri, kemarin. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

KPU Mulai Verifikasi Administrasi Calon DPD RI

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri menemukan dugaan dukungan palsu untuk calon DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Kepri. Temuan data paslu KTP saat tim verifikasi memeriksa satu persatu berkas dukungan yang dilampirkan bakal calon (balon) DPD RI ke KPU.

Sesuai PKPU Nomor: 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor: 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019. Dukungan yang dimaksud tidak boleh dipalsukan, tidak boleh sama atau ganda di satu wilayah kelurahan/desa. KPU mengisitilahkan dukunga ganda internal. Jika ditemukan, maka ada sanksi yang berlaku bagi bakal calon yang dimaksud.

Ganda identik dimana terdapat kesamaan identitas seperti nama, NIK, jenis kelamin, usia dan alamat, di kelurahan yang sama. Inilah yang bisa dikenai sanksi. Maka sanksinya jumlah dukungannya akan dikurangi sebanyak 50 untuk setiap satu dukungan yang ganda. Jika ada dua, maka akan dikurangi 100.

Divisi Hukum KPU Provinsi Kepri, Ridarman Bay masih belum mau membeberkan, dugaan dukungan palsu tersebut dari balon mana.

Ia menyebutkan tahapan verifikasi administrasi yang sudah dijalankan KPU Provinsi Kepri, sejak Jumat (27/4) lalu sampai dengan Kamis (10/5) nanti. ”Nanti kita umumkan, apa yang kurang, mana yang ganda, mana yang dukungan palsu,” kata Divisi Hukum KPU Provinsi Kepri, Ridarman Bay kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (8/5).

Kata dia, pengembalian berkas dukungan mulai 11-13 Mei 2018 mendatang. Waktu perbaikan hanya tujuh hari, terhitung 14-20 Mei. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here