Dwelling Timenya Dua Pekan

0
956
Pelabuhan perikanan: Kantor Administrasi Pelabuhan Perikanan terpadu Selat Lampa yang sudah selesai namun belum juga beroperasi. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

Warga Keluhkan Bongkar Muat di Natuna

TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Jamhur Ismail menyampaikan keluhan warga terkait waktu bongkar muat kapal atau dwelling time khusus di pelabuhan Penagi, Kabupaten Natuna.

Untuk bisa bongkar muat, membbutuh waktu sampai antara satu sampai dua minggu. Sementara antrean kapal yang membawa kebutuhan sembako di pulau itu, sudah sampai berhari-hari dan harus berlabuh dulu di tengah laut, karena menunggu kapal lainnya yang sedang bongkar muat.

”Di pelabuhan Penagi Natuna ini, kapal-kapal yang membawa sembako, dwelling timenya bisa lebih dari seminggu. Padahal yang antrean itu bisa sampai enam sampai tujuh kapal yang ngantri,” jelas Jamhur kepada Tanjungpinang Pos, di sela-sela safari Ramadan bersama Gubernur Kepri di Tanjungpinang, kemarin.

Memang dia jelaskan, bahwa kafasitas pelabuhan di Penagi tersebut kapasitas dermaganya masih untuk satu kapal barang yang bisa bongkar muat. Sedangkan, kalau untuk bongkar muat yang membutuhkan waktu cepat terpaksa pakai pompong cepat nelayan yang memiliki kafasitas kuat dan besar, untuk melakukan bongkar muat di tengah laut.

”Karena selama ini, kebiasaannya menunggu kapal ini seminggu baru keluar baru masuk satu,” jelasnya. Berbeda dengan pelabuhan yang khusus untuk penumpang, di Natuna itu ada pelabuhan Selat Lampa yang digunakan masyarakat Natuna untuk kapal penumpang.

”Bukit raya, kapal perintis Sabuk Nusantara 39, 50, sejauh ini tidak ada masalah, kapal angkutan penumpang disana masih berjalan sesuai jadwal, dan prosedurnya,” terang Jamhur.

”Mudah-mudahan nanti jelang mudik lebaran kondisi di sana bisa diatasi, walaupun kita prediksi agak padat,” timpalnya. Sementara ini, Jamhur tengah pengoperasian KM Lintas Kepri yang seharusnya bisa mengatasi persoalan padatnya antrian penumpang jelang mudik lebaran nanti.

”Saya mendorong Pak Huzrin Hood dan Gubernur, supaya mereka tanda tangan sampai saat ini suratnya saya bawa supaya pelaksanaannya bisa segera,” tutupnya.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here