E-Marketing Solusi Pemasaran Produk

0
92
Helmi Wahyuda

NATUNA – Guna meningkatkan mutu pemasaran produk ungulan yang ada di Natuna, elektronik marketing (e-Marketing) menjadi solusi terbaik bagi peningkatan nilai jual.

Dalam mendukung terwujudnya visi dan misi pembangunan daerah, Dinas Perindustrian dan Dagangangan, Koperasi dan Usaha Mikro telah menetapkan salah satu strategis dibidang pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tempatan bisa mengupayakan e-Marketing jadi alternatif dalam proses pemasaran.

”Dengan pengembangan UMKM, e-Marketing salah satu upaya dalam peningkatan mutu pemasaran,” kata Kadisperindagkop Helmi Wahyuda ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/10).

Ia menjelaskan, salah satu poin utama dalam peningkatan kinerja adalah penetapan strategi untuk pemberdayaan bagimasyarakat.

Khususnya, bagi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dibidang usaha mikro yang dirasa saat ini masih belum optimal.

”Jadi untuk melancarkan program diatas, kita berencana membangun fasilitas Rumah Kemasan bagi UMKM dimana menyediakan pelayanan fasilitasi bagi perbaikan kemasan produk, akses mendapatkan Izin Produksi dan Pengemasan Produk untuk dikirim ke pembeli,” ujarnya.

Ia merasa, proses pemasaran yang dilakoni para pelaku UMKM didaerah saat ini lebih cenderung menggunakan cara lama.

Cara itu, dengan dijajakan secara langsung maupun dititipkan di toko-toko yang menyebabkan luas pemasaran menjadi terbatas hanya dalam lingkup dalam daerah. Hal ini yang menjadi permasalahan utama dalam pemasaran.

Untuk itu, sudah saatnya upaya pemasaran produksi UMKM dapat menggunakan media teknologi informasi berupa sistem pemasaran secara online seperti e-Marketing.

Untuk mewujudkan itu semua, pihaknya telah menerapkan pola kemitraan dengan Rumah Kreatif BUMN (Telkom) yang saat ini berperan sebagai Agent Of Development, dimana salah satu fungsinya adalah sebagai penyedia fasilitas E-Marketing.

”Kita berharap dengan adanya program ini, bisa berimbas pada peningkatan nilai penjualan, karena lingkup pemasaran menjadi lebih luas. Tidak hanya terbatas dalam lingkup pasar nasional, tetapi juga akan mampu menjangkau pasar global,” harapnya.

July lalu, pedagang mikro dan Usaha Kecil menengah (UMKM) di Kecamatan Pulau Tiga mendapatkan pelatihan berbisnis yang digelar Jumat (20/7).

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara TNI Manunggal Membangun Desa ke-102 yang dibuka oleh Pasiter Kodim 0318/Natuna Kapten Inf Bambang di Desa Sabang Mawang ke Desa Tanjungbatan Kecamatan Pulau Tiga.

Pihak TNI menghadirkan nara sumber dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Natuna Mernasusanti Kasih.

Menurut Mernasusanti Kasih UKM merupakan salah satu podasi perekonomian yang terkenal andal, hingga pelaku usaha kecil menengah mesti terus dilatih agar kreatif dan pandai emmbaca peluang usaha.

”Saat ini UKM menjadi salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara. Dan ini tdiak hanya terjadi dinegeri kita. ”Tumbuhnya UKM menjadi salah satu barometer meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Mernasusanti Kasih.

Selain itu, sambungnya, keberadaan UKM juga sangat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran bahkan sudah banyak UKM yang bisa membuka lapangan kerja.

”Salah satu ciri-ciri UKM adalah menggunakan manajemen yang berdiri sendiri yang bertanda tidak ada pemisahan yang tegas antara pemilik dengan pengelola perusahaan. Pemiliknya ya sekaligus pengelola dalam UKM. Ada juga yang pemilik modal yang menyerahkan pegelolaan usahanya kepada orang lain. namun ini jumlahnya tidak banyak,” sebutnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here