Efendi Alie: Siswa Jangan Takut Polisi

0
479
BERSALAMAN: Kapolsek Tanjungpinang Timur, Efendi Alie bersalaman dengan siswa SDN 015 Tanjungpinang Timur. f-DESI LIZA PURBA/tanjungpinang pos

Ketemu Polisi Mesti Disalam

TANJUNGPINANG – Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Efendie Alie meminta siswa untuk tidak takut dengan polisi. Selama ini banyak anak yang tak berani mendekat dan bahkan menangis hanya melihat polisi lewat.

”Adik-adik jangan takut sama polisi, jadi kalau ketemu harusnya langsung salam saja, tidak apa,” ujarnya saat memberikan arahan kepada siswa SDN 015 Tanjungpinang Timur, Kamis (23/3) kemarin.

Menurutnya, anggota polisi akan senang bila siswa berani dekat. Menyalam dan bertegur sapa.

Jika siswa tidak salah atau melakukan pelanggaran hukum, diastikan tidak mungkin dimarah. Polisi pada prinsipnya ingin lebih dekat kepada masyarakat termasuk siswa.

Ia mengaku mengetahui, banyak anak-anak yang takut dengan polisi. Ini karena pola pikir atau paradigma yang sudah terbentuk sejak kecil.

Sebab tak jarang banyak orangtua membawa nama polisi sebagai cara ampuh untuk mendiamkan anak saat nangis.

”Jangan nangis, nanti panggil Pak Polisi. Seketika anak bisa langsung terdiam,” ungkapnya tertawa menirukan bahasa orangtua untuk mendiamkan anak-anak saat menangis. ”Jadi dengan sendirinya anak-anak takut dengan polisi,” tambahnya.

Menurutnya ini salah satu yang membuat anak-anak merasa takut sama Polisi. Padahal seperti diketahui bersama, pihak Polisi tentu tidak akan menangkap atau memarahi anak yang tak bersalah.

Berbeda kasusnya bila anak di bawah umur tak punya SIM. Ini tentu akan diperingati atau ditilang sesuai dengan ketentuan berlaku. Dalam kesempatan itu ia berpesan kepada siswa SD untuk rajin belajar. Bersikap jujur sebagai prinsip hidup yang harus dipegang dalam menjalani kehidupan. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here