Ekang Anculai Jadi Desa Sadar Program BPJS Ketenagakerjaan

0
640
Bupati dan Wakil Bupati Bintan beserta jajaran BPJS Ketenagakerjaan meresmikan Desa Ekang Anculai sebagai desa sadar jaminan sosial Ketenagakerjaan.

BINTAN – BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang meresmikan Desa Ekang Anculai, Kabupaten Bintan sebagai desa sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Peresmian di hadiri Bupati Bintan, Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam serta Direktur Kepesertaan dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang, Rini Suryani di Balai Desa Ekang Anculai, Kabupaten Bintan, Rabu (1/8).

Secara simbolis peresmian ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh seluruh pejabat yang hadir. Deputi Direktur Wilayah Sumbarriau, Budiono menjelaskan bahwa tujuan dibentukanya desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai langkah memperkenalkan program BPJS Ketenagakerjaan.

Diharapkan seluruh pekerja di desa itu nantinya terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui beberapa program yang disediakan. Masyarakat diharapkan memiliki kesadaran tentang pentingnya program jaminan sosial Ketenagakerjaan.

Mulai dari perangkat desa, yayasan BUMDES, tenaga ahli atau pendamping desa, pelaku ekonomi di lingkungan desa ikut serta menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis mengapresiasi Bupati dan Wakil Bupati Bintan yang peduli dengan dengan program jaminan sosial. Dibuktikan dengan peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaa.

Ia menuturkan, Desa Ekang Anculai merupakan satu-satunya desa yang dikunjunginya di 2018 ini. Dari 11 desa yang betada di wilayah Sumbar Riau. Menurut dia, Desa Ekang Angculai berpotensi menjadi desa terbaik nasional mewakili Kabupaten Bintan dalam kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dilaksanakan 2018 ini.

Tidak menutup kemungkinan, menerima penghargaan secara nasional karena secara aktif mendukung kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Setelah tahun sebelumnya Kota Solo dan Jember.

Di lokasi yang sama, Bupati Bintan, Apri Sujadi mengaku hubungan yang terbangun dengan BPJS Ketenagakerjaan sangat baik. Bahkan, manfaat kepesertaannya sudah dirasakan oleh masyarakat Bintan.

Apri yakin Desa Ekang Anculai dapat menjadi desa terbaik se Kabupaten Bintan untuk mengikuti event tingkat nasional pada 2018, setelah Desa Toapaya Selatan pada 2017 lalu.

“Momentum ini dapat memberikan nilai tambah bagi Kabupaten Bintan dari Pemprov Kepri. Kami akan berkomitmen mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Rencana kedepannya, Pemkab Bintan akan bekerjasama dengan perusahaan untuk menyalurkan CSR berbentuk subsidi kepada masyarakat tidak mampu, misalnya guru ngaji, buruh, penggali kubur, pelaku UMKM, petugas kebersihan dan satgas kebersihan di desa agar mampu mengikuti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Apri Sujadi menilai, program yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan banyak manfaatnya, khususnya kepada keluarga yang ditinggalkan setelah meninggalnya kepala keluarga atau tulang punggung. Program yang diberikan ada empat, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JM), Jaminan Hari Tua (JHT)dan Pensiun. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here