Ekonomi Diprediksi Makin Sulit di Shio Anjing

0
528
BERLABUH:Kapal-kapal kargo saat berlabuh di perairan Tanjungpinang sebelum bongkar muat di pelabuhan Batuenam. f-adly/tanjungpinang pos

Diperparah oleh Tahun Politik

Tahun 2018 mendatang adalah tahun shio anjing tanah. Shio anjing, sarat dengan unsur tanah. Paduan unsur tanah ganda pada tahun 2018 akan menyebabkan unsur air, yang berkaitan dengan keuangan, sulit untuk bergerak.

TANJUNGPINANG – DITAMBAH tahun 2018 dan 2019 adalah tahun politik. Bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di Tanjungpinang atau Indonesia masih menunggu atau melihat perkembangan politik di tanah air.

Hal ini diungkapkan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang Bobby. ”2018 pilkada serentak di Indonesia termasuk di Tanjungpinang. Tahun 2019 ada pemilu legislatif dan pemilihan presiden. Shio anjing tahun depan, diprediksi ekonomi kita masih sulit,” kata Bobby Jayanto, kemarin.

Kata dia, banyak investor di tahun politik hanya melakukan survei lokasi saja. Apakah mereka cocok berinvestasi di Tanjungpinang atau daerah lainnya. ”Mereka menunggu kepastian hukum di Indonesia termasuk kepastian hukum di Tanjungpinang,” bebernya.

Pengusaha pariwisata ini, memprediksikan ekonomi tahun 2018 sampai 2019 bakal semakin sulit dibandingkan tahun ini. Pertumbuhan ekonomi bakal stagnan Ini disebabkan daya beli masyarakat menurun. Sedangkan dana APBN atau APBD turun di tahun 2018 untuk daerah di Kepri dari pusat juga mengalami penurunan. Belanja publik dan pembangunan infrastruktur pasti berkurang dibandingkan tahun ini.

Dampaknya, pasti masyarakat kesulitan ekonomi, sulit mendapatkan pekerjaan, sulit mengembangkan usahanya, sulit untuk membuka usaha baru, masyarakat hati-hati untuk mengeluarkan uang. Mereka mengeluarkan untuk penting-penting saja. Ia akui di Tanjungpinang saat ini puji sera atau rumah makan bertambah.

Ini disebabkan karena tidak ada lagi pilihan masyarakat untuk mengembang usahanya. Pujisera atau rumah makan jadi bisnis baru masyarakat, karena bisnis ini tidak bakal gulung tikar. Karena, masyarakat membutuh makan dan minum setiap hari. Jadi bisnis ini masih menjanjikan.

”Saya sampaikan kepada teman-teman investor dari luar negeri kalau listrik di Pulau Bintan sudah baik dan sudah layak membuka investasi. Tidak seperti tiga tahun lalu krisis listrik,” bebernya.

Kata dia, tahun depan angka pengangguran bakal berkurang bila pemerintah pusat jadi membuka CPNS, Maret mendatang. Lulusan sarjana yang belum bekerja pasti berlomba-lomba adu nasib mengikuti tes CPNS.

”Kita harapkan pemerintah membuka lapangan pekerjaan. Kita juga harapkan perusahaan yang ada di Pulau Bintan bahkan di Kepri, tahun sulit mendatang jangan sampai melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK. Bertahan saja sudah bersyukur,” harapnya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here