Ekonomi Kreatif Adalah Solusi Mengatasi Pengangguran

0
2861
Uwira

Oleh: Uwira
Mahasiswa Ilmu Adminstrasi Negara, FISIP, UMRAH

Kini angka pengangguran makin tinggi. Pengganguran adalah salah satu masalah yang seharusnya dapat kita atasi. Salah satu faktor tingginya angka pengangguran karena laju pertumbuhan penduduk yang tinggi sementara ketersediaan lapangan kerja sangat minim. Diperparah lagi karena rendahnya pertumbuhan ekonomi di Kepri.

Untuk mengurangi tingkat pengangguran, perlu menciptakan lapangan kerja yang baru. Pemuda-pemuda harus lebih kreatif mesti bisa mandiri dan membuat terobosan membagun ekonomi kreatif. Ini salah satu jalan keluar untuk mengatasi pengangguran, bahkan bisa menciptakan lapangan kerja.

Pada umum nya pengangguran dapat dibagi menjadi 4 macam yaitu pengangguran siklis, pengangguran friksional, pengangguran struktural, dan pengangguran musiman. Pengangguran siklis, adanya pengangguran karena menurunnya kegiatan perekonomian di suatu negara, dan penurunan ekonomi disebabkan lemahnya konsumsi hingga berdampak pada turun angka produksi barang.

Sedangkan pengangguran friksional merupakan pengangguran yang tak dapat dihindari satu-satunya menghindari adanya pengangguran friksional ini dengan cara memberikan informasi-informasi lowongan pekerjaan dan penawaran pekerjaan.

Baca Juga :  Manfaat Perda Bagi Masyarakat

Sementara penganguran struktural, merupakan karena perubahan struktur ekonomi, yang awal mula para pekerja di bidang agraris atau pertanian pindah menjadi industri atau pabrik.

Untuk mengatasi ini pemerintah hanya bisa memberikan pendidikan dan pelatihan untuk mempersiapkan membuka lapangan kerja yang baru. Sedangkan pengangguran musiman dapat diatasi dengan memberikan informasi yang jelas tentang lowongan pekerjaan di bidang lain selain itu juga memberikan pelatihan kepada tenaga kerjayang baru agar mereka bisa bekerja disaat musim tertentu.

Saat ini jumlah lapangan pekerjaan tidak berbanding lurus dengan dunia pendidikan yang mencetak tenaga kerja. Sehingga terbatasnya lapangan pekerjaan membuat perekonomian di masyarakat semangkin terpuruk, ditambah lagi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang rendah, maka hal ini menjadi masalah bagi pemerintah dalam membangun. Yang berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia dari para pengangguran itu sendiri, karena tingkat pendidikan yang masih belum begitu bagus. Walaupun pengangguran berstatus pendidikan tinggi, sering kali dihadang oleh kesempatan kerja yang sanggat terbatas dan minim.

Baca Juga :  Jangan Sampai Kehormatan Guru Terkikis Zaman

Oleh karna itu salah satu upaya atau langkat untuk mengatasi banyaknya penganguran kaum intelektual, lulusan SMA, dan perguruan tinggi sehingga perlunya memberikan pembekalan agar wawasan-wawasan mereka bertambah dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan, dengan kata lain jangan berharap lebih terhadap pekerjaan yang telah disediakan tetapi berharap lebihlah pada diri sendiri bahwa bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri sendir dan terhadap orang lain.

Selain itu di dalam AI-Quran Allah berfirman yang artinya ‘‘sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri’’ (Q.S Ar-Ra’d ayat 11). Dan Allah juga berfirman di dalam (Q.S . At-Thalaq ayat 2-3) yang artinya ‘’Barang siapa bertakwa kepada Allah maka dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, sesungguhnya Allah melaksanakan kehendaknya ,dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya’’.

Baca Juga :  Wamena Cukup Sampai di Sini

Untuk mengubah tingkat pengangguran berawal dari kita sendiri pepatah lama mengatakan dimana ada kemauan di situ ada jalan. Dari sini jelas bahwa dari kreatif dan potensi yang kita miliki bisa kita kembangkan dan ini menjadi peluang untuk menjadikan kita terjamin tidak menjadi pengangguran apalagi sekarang ini dengan teknologi kita bisa menambah omset atau pendapatan kita. Karna itu semua bisa kita lakukan asalkan kita bisa membaca peluang yang ada didepan mata dan mau berusaha sehingga sesuatu yang kita harapkan benar-benar terjadi. Maka dari itu mari kita ciptakan ekonomi kreatif salah satu untuk mengatasi tingkat pengangguran dizaman yang serba modern ini, sehingga kita tidak kalah saing dengan orang lain. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here